Beranda Lalu Lintas Camera ETLE Satlantas Polres Bandar Lampung Bisa Deteksi Plat Kendaraan Luar Provinsi

Camera ETLE Satlantas Polres Bandar Lampung Bisa Deteksi Plat Kendaraan Luar Provinsi

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Satlantas Polresta Bandar Lampung terus mengoptimalkan fungsi Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Salah satunya menyematkan fitur baru pada alat tilang elektronik di sejumlah ruas jalan Kota Bandar Lampung.

Kasatlantas Polresta Bandar Lampung, AKP Rafly Yusuf Nugraha, mengatakan, penambahan fitur itu dilakukan pasca satuannya telah merampungkan masa uji coba ETLE pada tanggal 4 dan 5 Maret 2021 kemarin.

“Kemarin teknisi dari Polantas yang datang, untuk meng-upgrade ERI (Elektronic Registration and Indentification) pada ELTE,” ujar AKP Rafly, Kamis (11/3/2021).

1. Fitur ERI mampu mendeteksi kode plat nomor kendaraan luar Provinsi Lampung (BE)

AKP Rafly, menjelaskan, fitur ERI di ETLE dapat mendeteksi kode plat nomor kendaraan dari luar Provinsi Lampung (BE). Khususnya untuk kendaraan dengan kode plat nomor ibukota Jakarta (B).

“Tujuan kedatangan Porlantas Polri kemarin, untuk menambah konsep ERI. Khususnya yang plat B, sekarang sudah bisa kita identifikasi. Jadi kalau ada kendaraan plat B yang melanggar, tidak pusing lagi karena bisa teridentifikasi,” terangnya.

2. Agenda launching ETLE dipastikan tetap 17 Maret 2021

Meski baru disematkan fitur baru. Namun AKP Rafly memastikan, agenda launching ETLE di Kota Bandar Lampung tidak akan terhambat dan bakal tetap dilaksanakan pada Rabu (17/3/2021) mendatang.

Pasalnya, hal itu merupakan salah satu bentuk langkah pihaknya, dalam melakukan evaluasi uji coba penerapan ETLE pada beberapa hari lalu. “Ya, kemarin kita memang tidak mengejar kuantitas banyak tidaknya jumlah pelanggar, karena kita menilai itu dari segi mekanisme dan cara kerjanya dulu,” jelasnya.

3. Launching dilakukan serentak bersama 10 Polda di sejumlah daerah

Menurut rencana, agenda launching ETLE, Rabu (17/3/2021), tidak hanya dilaksanakan di Kota Bandar Lampung. Pasalnya, Kepolisan Daerah di sejumlah Provinsi turut mengagendakan acara serupa.

“InsyaAllah Bandar Lampung resmi punya ETLE nantinya. Selain kita, ada 10 Polda lainnya yang akan launching bersamaan. Tentu, harapan dari kami, adanya dukungan masyarakat dan berbagai kalangan,” tandas AKP Rafly

Related Articles