Beranda Lalu Lintas Belasan Motor Balap Liar Berhasil Diamankan Satlantas Polres Probolinggo

Belasan Motor Balap Liar Berhasil Diamankan Satlantas Polres Probolinggo

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Satlantas Polres Probolinggo Kota menggerebek aksi balap liar yang dilakukan di Jalan Lumajang, Kota Probolinggo, Sabtu malam, 2 April 2022.

Hasilnya, belasan motor pelaku balap liar diamankan petugas dan seluruhnya menggunakan knalpot brong. Seluruh motor kemudian diangkut menggunakan mobil patroli petugas dan dibawa ke Kantor Satlantas Polres Probolinggo Kota.

Kasat Lantas Polres Probolinggo Kota AKP Roni Faslah mengatakan razia ini merupakan bagian patroli Harkamtibmas knalpot brong dan kejahatan jalanan.

Patroli dimulai sekitar pukul 22.00 WIB dengan menyasar sejumlah titik jalur protokol di Kota Probolinggo. Menurut Roni, penertiban pertama oleh petugas dilakukan di Jalan Panjaitan, Kota Probolinggo.

Di lokasi tersebut, anggota Polantas mendapati lima pemotor yang sepeda motornya menggunakan knalpot brong. Setelahnya, petugas bergeser ke areal Stadion Bayuangga, Kota Probolinggo dan mendapati tiga pemotor yang sepeda motornya juga menggunakan knalpot.

“Dari situ anggota bergerak ke Jalan Lumajang setelah mendapat laporan akan ada aksi balap liar. Dimana saat didatangi, para pelaku balap liar mencoba kabur, namun beberapa di antaranya bisa kami amankan,” kata Roni, Minggu, 3 April 2022.

Roni menyampaikan penindakan tersebut dilakukan guna menjaga kondusivitas jalanan di Kota Probolinggo selama bulan suci Ramadan, sekaligus menjaga ketertiban dan kenyamanan masyarakat yang melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadan.

“Untuk motor yang diamankan baru bisa diambil setelah disidangkan usai lebaran mendatang. Itu sebagai efek jera, serta agar pelaksanaan ibadah bulan suci Ramadan tetap berlangsung kondusif,” tutur Roni.

Terkait Patroli Harkamtibmas, Roni menyebut kegiatan tersebut digelar guna mencegah terjadinya tindak pidana tiga C, yakni Curas, Curat, dan Curanmor . Di samping itu, petugas juga melakukan Patroli Sahur guna memastikan wilayah Kota Probolinggo benar-benar tetap kondusif.

“Untuk patroli sahur itu, petugas keliling ke perkampungan-perkampungan warga, sembari membawa bekal makanan. Apabila sedang ada warga yang ronda atau berjaga, baru kami berikan,” kata Roni.

Terkait Patroli Harkamtibmas, Roni mengaku bakal menggelarnya rutin hingga lebaran mendatang dan mengikuti perkembangan situasi di lapangan.

Related Articles