Beranda Lakalantas Begini Kronologi Kemudi Direbut Penumpang Dibalik Kecelakaan Maut Tol Dupak

Begini Kronologi Kemudi Direbut Penumpang Dibalik Kecelakaan Maut Tol Dupak

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Kecelakaan maut truk dan bus rombongan peziarah di Tol Dupak-Waru Km 4.100 pada Sabtu (5/2/2022) menewaskan tiga orang dan 6 penumpang bus terluka diduga sementara terjadi karena berawal dari seorang penumpang bus merebut kemudi.

Kasat PJR Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengatakan, salah satu penumpang bus rombongan ziarah bernama Burniat (51) tiba-tiba merebut kemudi sopir. Akibatnya, sopir bus kehilangan kendali.

“Jadi bus ini menabrak pembatas jalan tol saat kemudi sopir direbut penumpang. Saat itu bus oleng ke kanan dan akhirnya menabrak truk muat biji plastik yang melintas dari arah berlawanan,” jelasnya.

Bus pariwisata nopol D 7610 AT yang menabrak truk colt-diesel W 9948 NZ itu mengangkut rombongan peziarah asal Palembang. Rombongan baru berziarah ke makam Sunan Ampel menuju Jombang.

“Jadi ada satu penumpang bus rombongan ziarah bernama Burniat (51) merebut kemudi sopir. Sopir bus kehilangan kendali,” tambahnya.

Dia mengaku, akibat peristiwa ini bus yang tidak terkendali itu menabrak guard rail atau pembatas jalan tol. Setelah itu, menabrak truk yang sedang melaju dari arah sebaliknya.

“Jadi bus ini menabrak pembatas jalan tol saat kemudi sopir direbut penumpang. Saat itu bus oleng ke kanan dan akhirnya menabrak truk muat bijih plastik yang melintas dari arah berlawanan,” terangnya.

Penumpang bus langsung berhamburan keluar melalui jendela karena pintu tak bisa dibuka. Sementara sopir dan kenek truk tewas terjepit. Bangkai dua kendaraan baru bisa dievakuasi 2 jam dengan menurunkan derek.

Sementara korban luka berat dan ringan dibawa ke RS PHC Surabaya. 6 Penumpang dinyatakan mendapat perawatan rawat inap dan lainnya diperbolehkan pulang.

Related Articles