Beranda Lalu Lintas Bawa Motor ke Sekolah, Belasan Kendaraan Berknalpot Brong Diamankan Satlantas Polres Bangka Selatan

Bawa Motor ke Sekolah, Belasan Kendaraan Berknalpot Brong Diamankan Satlantas Polres Bangka Selatan

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bangka Selatan kembali menggelar operasi di satu sekolah di Toboali pada Jumat (2/9/2022) pagi.

Operasi kali ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Toboali, bertujuan untuk menertibkan kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot brong. Operasi tersebut dipimpin oleh Kasat Lantas Polres Bangka Selatan bersama beberapa personel.

Sebelumnya, Satlantas Polres Bangka Selatan mendatangi SMA Negeri 1 Toboali dan berhasil menjaring sejumlah kendaraan peserta didik yang tidak memakai knalpot standar atau brong.

Dengan adanya penertiban knalpot brong di tingkat sekolah, diharapkan dapat memberikan efek jera bagi peserta didik yang masih menggunakan kendaraan yang tidak standar.

Kasat Lantas Polres Bangka Selatan, AKP Andi Eko Wardana, seizin Kapolres Bangka Selatan, AKBP Joko Isnawan, menerangkan pihak berhasil mengamankan belasan kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot brong.

“Hari ini kami kembali gelar operasi bagi kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot brong di SMKN 1 Toboali. Ada 12 kendaraan yang berhasil kita amankan,” kata Andi, Jumat (2/9/2022).

“Bagi peserta didik yang kedapatan menggunakan knalpot brong, tidak kami tilang, tapi kami minta knalpot diganti dengan standar dan mereka kita suruh lari,” tegasnya.

Ia menjelaskan, kegiatan operasi ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti adanya keluhan masyarakat yang terganggu akan suara gaduh atau kebisingan dari knalpot brong.

“Kami banyak dapat aduan dari masyarakat masalah knalpot brong Apalagi kami sering menggelar razia banyak anak sekolah terjaring menggunakan knalpot brong,” jelas Andi.

“Terutama para pelajar SMA/SMK dan sekolah lainnya. Oleh karena itu kami menggelar razia di setiap sekolah yang ada di Bangka Selatan,” imbuhnya.

Dia mengimbau kepada para peserta didik agar menaati peraturan lalu lintas, terutama mamakai helm, karena keselamatan diri maupun orang lain merupakan hal paling utama.

“Gunakan kendaraan standar, tidak menggunakan knalpot brong, serta tetap berhati-hati ketika berkendara,” tegasnya.

Wakil Kepala Bidang kesiswaan SMKN 1 Toboali, Siswanto, menyambut baik Satlantas Polres Bangka Selatan yang telah memberikan edukasi tentang knalpot brong terhadap peserta didik.

Hal seperti ini, imbuhnya, merupakan bentuk kepedulian dari pihak kepolisian kepada sekolah.

“Saya sangat mendukung karena ini tindak lanjut dari kegiatan kami. Beberapa hari yang lalu dan kita sudah sosialisasi kepada para pelajar agar selalu menggunakan knalpot standar,” ucapnya.

Related Articles