Beranda Kegiatan Arahan Dirkamsel Korlantas Polri Dalam Rakor Kesiapan Operasi Ketupat 2023

Arahan Dirkamsel Korlantas Polri Dalam Rakor Kesiapan Operasi Ketupat 2023

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kesiapan Operasi Ketupat Tahun 2023 digelar Korlantas Polri di Trans Luxury Hotel, Bandung, Jawa Barat. 16/3/2023 dibuka langsung oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi yang dihadiri para Dirlantas Polda, para stakeholder dan Kasatlantas se-Indonesia melalui virtual.

Pada sesi kedua Rakor diisi dengan pemateri dari narasumber, salah satunya yakni Kasubdit Jemenosprek Ditkamsel Korlantas Polri Kombes Pol Indra Jafar yang menyampaikan arahan Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Ery Nursatari terkait kesiapan petugas dalam menghadapi arus mudik dalam operasi ketupat 2023.

“Khusus pada rute penyeberangan di pelabuhan Merak ini sudah baik pada tahun lalu, tetapi kita siapkan rest area tambahan buffer zone sebagai area menunggu kendaraan pada ruas tol menuju Merak,” ujar Indra, Kamis 16/3/2023.

Indra menjelaskan bahwa keterbatasan lahan parkir saat menunggu penyeberangan di pelabuhan Merak bisa menjadi satu penyebab terjadinya gangguan Kamseltibcar Lantas pada saat arus mudik nanti.

“Selain itu juga ada pelabuhan tambahan yakni pelabuhan Ciwandan. Selain masih keterbasan akses jalan yang kecil dan sedikit rusak, namun para petugas sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas dan pengaturan pembagian kendaraan roda 2 dan 4 ke pelabuhan Ciwandan,” sambung Indra.

Selain di wilayah Banten, wilayah menuju Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur juga harus disiapkan langkah antisipasi, diantaranya antisipasi banyaknya u-turn di jalan arteri, akses keluar tol yang berpotensi kemacetan, pembangun jembatan, jalan rusak, pasar tumpah, perlintasan sebidang dan lokasi rawan longsor atau bencana alam.

“Cara bertindak bertugas dari tahun lalu sudah cukup baik, namun di tahun ini kita harus bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi, agar perjalanan mudik masyarakat bisa berjalan aman, nyaman, dan selamat,” pungkas Indra.

Related Articles