Beranda Lalu Lintas Apresiasi, Pengendara Tertib di Jembatan Dapat Beras dan Minyak Goreng dari Polantas

Apresiasi, Pengendara Tertib di Jembatan Dapat Beras dan Minyak Goreng dari Polantas

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Satu per satu pengendara yang melintas di Jalan Ngurah Rai, Kota Negara, Jembrana disetop pihak kepolisian, Jumat 15 Juli 2022.

Adalah kegiatan Jumat Berkah dari Satlantas Polres Jembrana yang melakukan pemeriksaan identitas kendaraan serta dirangkai dengan pembagian sembako mulai beras, telur, hingga minyak goreng. Mereka yang tertib berlalu lintas diberikan hadiah.

Menurut pantauan, pengendara sepeda motor dan roda empat diminta untuk berhenti. Identitas kendaraan mereka kemudian diperiksa. Sedikitnya ada puluhan pengendara yang mendapat hadiah ini.

Masing-masing diberikan sesuai keinginan, ada pengendara yang mendapat beras, ada minyak goreng dan ada juga yang memilih telur. Artinya diberikan sesuai kebutuhan.

Menurut data yang diperoleh, 15 bungkus beras dengan berat 5 kilogram, 50 kantong plastik telur dengan isian 10 butir, serta 50 botol minyak goreng. Diharapkan dengan pemberian ini nantinya akan dapat meringankan beban masyarakat di tengah kondisi pandemi saat ini.

“Hari ini kita laksanakan giat Jumat Berkah yakni pemeriksaan identitas kendaraan masyarakat. Dan jika lengkap dan taat atau patug berlalu lintas, kita berikan apresiasi atau kiya beri hadiah berupa sembako,” kata Kasat Lantas Polres Jembrana, AKP Aan Saputra di lokasi, Jumat 15 Juli 2022.

Mantan Kapolsek Denpasar Barat ini menyebutkan, ada puluhan pengendara yang dilakukan pemeriksaan.

Dari jumlah itu, sebagian besar sudah tertib berlalulintas. Namun sebagian juga ditemukan seperti belum lakukan klik helm, STNK mati, dan lainnya. Sehingga diharapkan dengan apresiasi ini nantinya masyarakat terus dan semakin tertib berlalu lintas.

Disinggung mengenai imbauan atau sosialisasi penggunaan sepatu saat berkendara dengan sepeda motor, AKP Aan menegaskan pihaknya selalu melakukan imbauan tersebut sesuai ketentuan dari Kakorlantas Mabes Polri. Sejauh ini, masyarakat diharapkan terus mematuhi tata tertib berlalulintas.

“Sejauh ini masih bersifat imbauan dan sudah kita laksanakan. Kami imbau terutama pengendara yang mengemudi jarak jauh menggunakan sepeda motor,” tandasnya.

Terpisah, seorang pengendara sepeda motor, Luh Sukerti Ningsih awalnya mengaku kaget dengan kegiatan ini.

Ia menduga hanya razia kendaraan bermotor, namun ternyata pihak Satlantas Polres Jembrana berbagi hadiah untuk yang identitas kendaraannya lengkap dan patuh berlalulintas.

“Awalnya kan kaget tak kira razia. Tapi ternyata setelah dicek dan lengkap suratnya ada hadiahnya. Jadi ada manfaatnya. Kebetulan saya dapat minyak goreng,” kata ibu-ibu yang tinggal di wilayah Kelurahan Dauhwara, Kecamatan Jembrana ini.

Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menumbuhkan semangat masyarakat tertib berlalulintas. Dan diharapkan kegiatan ini juga rutin dilaksanakan sehingga dapat membantu atau meringankan beban masyarakat khususnya di Jembrana.

“Harapannya rutin dilakukan, agar masyarakat kita ini lebih banyak yang aware (peduli) keselamatannya sendiri dengan tertib berlalulintas,” harapnya.

Related Articles