Beranda Lalu Lintas Antisipasi Laka Kendaraan Berat, Satlantas Polres Pasuruan Ingatkan Para Awak Truk Agar Berhati-hati

Antisipasi Laka Kendaraan Berat, Satlantas Polres Pasuruan Ingatkan Para Awak Truk Agar Berhati-hati

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Dua tragedi kecelakaan terjadi selama Juli lalu. Sama-sama akibat kelalaian sopir. Truk boks dan truk kontainer berjalan sendiri dan memicu kecelakaan dengan korban nyawa. Dua orang tewas.

Salah satu kecelakaan terjadi di ruas jalan nasional jurusan Surabaya–Malang, Desa Lemahbang, Kecamatan Sukorejo dan Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol. Tragedi terjadi pertengahan Juli.

Saat itu, sebuah truk boks diparkir di pinggi jalan. Sopirnya masuk ke minimarket. Mendadak truk boks itu berjalan mundur menabrak sebuah mobil dan warung. Seorang pengendara motor tewas terlindas.

Tragedi kecelakaan terjadi pada akhir Juli. Truk kontainer yang diparkir di dalam pabrik tiba-tiba berjalan sendiri dan menyeberangi jalan nasional di Suwoyuwo, Sukorejo. Sopirnya turun dan mengambil KTP di pos satpam pabrik. Truk itu melaju tak terkendali dan menabrak rumah. Seorang gadis pengendara motor tewas terlindas.

Satlantas Polres Pasuruan memperingatkan para sopir agar tidak sembrono dalam mengemudikan kendaraan. Salah satunya, wajib mematikan mesin saat parkir. Juga mengaktifkan rem tangan (handrem).

”Sebelum berangkat, pastikan kendaraan dalam keadaan sehat dan siap pakai,” tutur Kasatlantas Polres Pasuruan AKP Yudhi Anugrah Putra.

Yudhi juga mengingatkan para sopir harus memastikan muatan sesuai dengan batas kapasitas kendaraan. Jangan sampai kelebihan muatan. Itu harus diperhatikan. Parkirlah kendaraan di tempat yang sesuai dan aman. Jangan di bahu jalan, tanjakan, atau turunan.

Related Articles