Beranda Nasional Tumbuhkan Kesadaran Lalu Lintas Masyyarakat, Satlantas Polres Bangli Gelar Operasi

Tumbuhkan Kesadaran Lalu Lintas Masyyarakat, Satlantas Polres Bangli Gelar Operasi

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Untuk menumbuhkan kedisiplinan berlalu lintas kepada masyarakat, sebaiknya dilakukan sejak usia dini dengan cara memperkenalkan makna rambu lalu lintas yang ada biasa ditemukan di jalan raya kepada anak-anak.

Mengingat zaman sudah berubah, belakangan semakin banyak saja kendaraan yang melintas di jalan – jalan. Banyak yang menggunakan kendaraannya dengan semaunya saja, tanpa memikirkan keadaan dan lingkungan serta peraturan lalu lintas yang ada.

Pengguna kendaraan pun banyak juga ragamnya, dari anak – anak sekolah sampai yang bekerja, kemudian para pengguna kendaraan harus mengikuti peraturan yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Patuh lalu lintas jalan dengan baik dan benar itu tidak sulit, kalau kita tidak tahu bagaimana cara penerapan yang baik dan benar. Tapi kenapa masih banyak juga kita sebagai pengendara melalaikan tata tertib lalu lintas ini?.

Oleh karena itu, perlunya tertib lalu lintas harus ditanamkan sejak usia dini, karena melalui pendidikan sejak dini diharapkan akan dapat membentuk generasi muda yang patuh akan hukum, khususnya patuh berlalu lintas.

Pendidikan berlalu lintas sejak dini, akan sangat bermanfaat bagi generasi penerus bangsa, karena dengan mengetahui peraturan lalu lintas. tentunya, pelanggaran berlalu lintas akan dihindari.

Untuk itu, upaya pendidikan dan sosialisasi tentang rambu-rambu lalu lintas harus terus dilakukan.

Setidaknya, dalam satu minggu ada tiga kali pendidikan berlalu lintas dan pengenalan tentang rambu-rambu lalu lintas yang dapat dimulai dari siswa-siswi taman kanak-kanak.

Selain murid dari tingkat TK , tingkat SD sampai ke tingkat SMA/SMK hingga ke mahasiswa juga harus mendapatkan penjelasan dan sosialisasi aturan tentang rambu-rambu berlalu lintas dengan baik.

Tidak hanya anak-anak sekolah saja yang harus mendapatkan pendidikan berlalu lintas tetapi organisasi mapun masyarakat umum atau non organisasi juga harus mendapatkannya.

Dengan diadakan sosialisasi dan penjelasan tertib berlalu lintas ini diharapkan, pelajar dan masyarakat kita dapat mengetahui dan mematuhi peraturan berlalulintas dengan benar. Dengan mematuhi rambu – rambu lalu lintas, akan dapat mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas dan tidak membahayakan pengguna jalan lainnya.

Seperti dilakukan Satlantas Polres Bagli, salah satu upaya dilakukan, Satlantas Polres Bangli yaitu gencar menggulirkan program edukatif untuk mencegah bocah mengemudikan kendaraan.

Polisi tak mau insiden kecelakaan melibatkan anak di bawah umur terjadi di Bangli. Langkah tersebut dilakukan selama pandemi Covid-19 anak anak mulai tidak mentaati aturan lalulintas .

Kasatlantas Polres Bangli AKP I Ketut Suandi, DH seizin kapolres Bangli, AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan, SIK MIK menjelaskan kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak di bawah umur di Bangli angkanya minim.

“Walau begitu hari ini kita Melaksanakan kegiatan penertiban terhadap anak anak sekolah yang mengendari sepeda motor tanpa Helm,” katanya

Kemudian menertibkan sepeda motor yang tidak lengkap termasuk sepion serta melakukan pemeriksaan surat surat kendaraan dan surat kelengkapan peribadi termasuk surat tanda bukti vaksin Covid- 19 terhadap anak anak sekolah dan juga terhadap pengguna jalan yang melintas di jalan raya kayubihi Bangli.

“Dari kegiatan ini kita melaksanakan penyitaan sebanyak 18 motor yaitu melanggar karena menggunakan kenalpot brong 8 motor, tanpa plat 2 motor , tanpa spion 4 motor dan tanpa helm 4 orang,” jelasnya.

Selanjutnya Kasat Lantas Menghimbau kepada pengguna jalan raya di mulai dengan keseharian kita sebagai pengendara.

“Tentunya kita harus memiliki kendaraan dan perlengkapan yang baik sebagai berikut Ikuti Peraturan Lalu Lintas yang ada di Daerah kita,” katanya

“Guanakan Helm yang berstandar, gunakan Kelengkapan Kendaraan dengan baik, gunakan Sabuk Pengaman saat Berkendara, gunakan Jaket atau pengamanan untuk diri anda jika berkendara Panjang,” tuturnya

“Selalu bawa kelengkapan data Diri dan kendaraan, jaga dan rawatlah Savety kendaraan dengan baik dan yang terakhir ikuti protokol kesehatan cegah Covid-19. Oleh karena itu mari kita terapkan tertib lalu lintas sejak usia,” imbaunya.

Related Articles