Beranda Nasional Satlantas Polrestabes Makassar Bangun Mushala di Jl. AP Pettarani untuk Warga

Satlantas Polrestabes Makassar Bangun Mushala di Jl. AP Pettarani untuk Warga

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar membangun Musallah di Pos Lantas Fly Over, Jl AP Pettarani, Makassar.

Pantauan di lokasi, Senin (20/9/2021) siang, sejumlah pekerja tampak sibuk menggenjot progres pengerjaan Musallah berkapasitas tampung 20 jamaah itu.

Posisi Musallah tepat berada di belakang pos lantas sisi kiri bahu Jl AP Pettarani atau menghadap ke arah Jl Urip Sumoharjo.

Dinding Musallah menggunakan batu kali yang disusun dalam rangka besi.

Tampak kinclong setelah diberi warna lalu diclear oleh para pekerja.

Selain itu terdapat tiga toilet umum dan tempat wuduh di samping pintu masuk Musallah.

Kasat Lantas Polrestabes Makassar AKBP Andi Kumara yang ditemui di lokasi, mengatakan, Musallah itu sengaja dibangun untuk layanan publik.

Pasalnya, di sekitar lokasi kata dia, jarak masjid satu dengan masjid yang lainnya cukup berjauhan.

Padahal, kawasan Fly Over diklaim sebagai kawasan tersibuk yang menjadi pusat aktivitas warga.

“Di sini pusat kota yang sibuk dan jauh apabila ada warga yang mau salat kesulitan karena masjid jauh,” kata Andi Kumara.

Alasan lain yang mendasari pembangunan Musallah tersebut lantaran kawasan Fly Over kerap dijadikan lokasi sentra unjuk rasa.

“Jadi diharapkan sebelum demo, itu salat dulu. Dengan nanti saat demo tidak panas, setelah demo itu bisa salat kembali,” ujarnya.

Musallah yang dilengkapi toa atau pengeras suara di bagian atap, juga bertujuan untuk mengingatkan warga khususnya pendemo untuk salat jika memasuki waktu salat.

“Ada toa, itu diharapkan untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa saatnya salat. Namun saat ada demo kita bisa setel lagu-lagu islami sehingga menyejukkan suasana,” terang Andi Kumara

Anggaran pembangunan Musallah itu, kata dia murni dari sumbangan beberapa warga yang menjadi donatur.

“Pembangunan ini dari niatan kami dan dibangun dari beberapa warga yang bersedekah, sehingga sunbangan itu kami wujudkan dalam bentuk ini (Musallah). Jadi ini hibah dari warga,” bebernya.

Rencananya, Musallah dengan garasi mobil yang cukup luas itu bakal rampung dalam waktu sebulan pengerjaan.

Related Articles