Beranda Lalu Lintas Satlantas Polresta Samarinda Tertibkan Truk Parkir Liar

Satlantas Polresta Samarinda Tertibkan Truk Parkir Liar

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Belum pertengahan Januari 2023, telah terjadi 3 kecelakaan berujung maut yang melibatkan truk parkir dengan pengendara sepeda motor di Kota Samarinda.

Berangkat dari catatan tersebut, Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polresta Samarinda pun turun melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah kawasan yang diduga sering dijumpai truk parkir menyalahi aturan.

Kegiatan patroli yang diketahui Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli dan dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polresta Samarinda Kompol Creato Sonitehe Gulo ini menyasar Jalan Pangeran Suryanata, tepatnya Poros Samarinda Tenggarong dan Ring Road III.

Pantauan Tribunkatim.co di lapangan, setidaknya ditemukan 15 truk yang parkir di bahu jalan.

Sat Lantas pun melakukan pendekatan secara humanis. Mereka memberikan imbauan dan pandangan mengenai risiko hukum yang harus ditanggung para sopir jika terbukti menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Kompol Gulo menegaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya mereka untuk meminimalisir kecelakaan yang disebabkan oleh truk parkir di bahu jalan.

“Sambil di sini lain kami terus imbau kepada masyarakat agar lebih tertib. Terutama masalah kecepatan saat berkendara,” tegasnya.

Sebab ungkapnya, dari hasil evaluasi mereka umumnya kecelakaan yang melibatkan truk parkir justru sering terjadi di daerah pinggiran, bukan perkotaan.

“Dan itu salah satu faktornya pengemudi sepeda motor berkendara dengan kecepatan tinggi,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, saat ini pihaknya terus berupaya secara bertahap mengurangi faktor-faktor terjadinya laka lantas.

Terkait tindakan yang diberikan, dijelaskannya baru berupa teguran dan penjelasan.

Karena saat ini mereka belum bisa melakukan penilangan dan masih berproses pemindahan menuju tilang elektronik atau ETLE.

“Kalau hanya sebatas memberikan tilang tentu tidak efektif. Oleh sebab itu hari ini saya dari hati ke hati memberikan pemahaman kepada mereka risiko apa yang akan dihadapi jika parkir sembarang dan menjadi penyebab laka lantas,” pungkasnya.

Related Articles