Beranda News Satlantas Polres Tuban Bersama Dishub Cek Kesiapan Perangkat ETLE

Satlantas Polres Tuban Bersama Dishub Cek Kesiapan Perangkat ETLE

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Jajaran Sat Lantas Polres Tuban bersama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tuban melakukan pengecekan kondisi perangkat kamera CCTV yang terpasang di traffic light yang ada di sejumlah ruas jalan di Tuban.

Pengecekan tersebut dilakukan sebagai salah satu kesiapan perangkat pendukung untuk melakukan penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau Tilang Elektronik di wilayah hukum Polres Tuban. Adapun untuk penindakan dengan sistem ETLE itu akan segera diterapkan di Tuban sesuai dengan program Kapolri yang baru, Sabtu (30/1/2021).

Kasat Lantas Polres Tuban, AKP Argo Budi Sarwono menjelaskan bahwa sebelum dilakukan pemberlakuan penindakan pelanggaran lalu lintas melalui program ETLE itu pihaknya terlebih dahulu mengecek keberadaan CCTV yang telah terpasang.

Ada dua titik lokasi yang sudah dicek untuk kondisi apakahb sudah layak atau tidak untuk digunakan dalam penindakan.

“Kita masih melakukan pengecekan dalam rangka kesiapan menyongsong program ETLE sebagai salah satu program commander wis Bapak Kapolri. Tentunya ini juga merupakan kerja bersama antara Pemda Kabupaten Tuban, Sat Lantas dan kita juga akan koordinasi dengan Kejaksaan,” terang AKP Argo Budi Sarwono.

Dua titik yang dilakukan pengecekan tersebut ada keberadaan CCTV yang terpasang di perempatan lampu merah simpang empat Patung Letda Sucipto, Kota Tuban yang merupakan simpang empat jalur pantura. Kemudian CCTV yang ada di simpang tiga Rest Area Tuban yang menjadi salah satu jalur masuk Kota Tuban.

“Saat ini kita baru melakukan pengecekan kesiapan yang mana saat ini baru terpasang dua kamera (CCTV). Yang mana ini merupakan anggaran dari Pemda Tuban. Ada dua titik yang sudah terpasang,” tambahnya.

Sementara itu, untuk mendukung pelaksaan ETLE di Kabupaten Tuban diharapkan pada tahun 2021 ini semua perangkat pendukung sudah bisa tercukupi semua, serta jaringan juga semua sudah bisa terkoneksi. Termasuk juga nanti telah dilakukan pemetaan untuk titik lain untuk menyesuaikan dari anggaran Pemerintah Kabupaten Tuban.

“Kita harapkan tahun 2021 ini perlengkapan maupun alat pendukung lainnya sudah bisa tercukupi dan jaringan sudah terkoneksi. Sehingga Tuban sudah bisa berlaku ETLE di masa mendatang,” pungkasnya.

Related Articles