Beranda Kegiatan Satlantas Polres Tanjungbalai Imbau Pelajar tak Gunakan Motor ke Sekolah

Satlantas Polres Tanjungbalai Imbau Pelajar tak Gunakan Motor ke Sekolah

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Satlantas Polres Tanjungbalai mensosialisasikan tata cara berkendara sepeda motor menggunakan mesin simulasi untuk menciptakan lalulintas yang aman dan tertib.

Selain itu juga, para peserta diberikan materi mengenai tehnik berkendara roda dua saat di jalan raya.

Kapolres Tanjungbalai AKBP Ahmad Yusuf Afandi melalui Kasatlantas Polres Tanjungbalai AKP Hotlan Wanto Siahaan mengatakan pelajar yang diperbolehkan orangtuanya untuk mengendarai sepeda motor ke sekolah, wajib menggunakan alat keselamatan, serta melengkapi surat kendaraannya.

“Bagi pelajar yang ke sekolah menggunakan sepeda motor agar melengkapi pengaman saat berkendaraan berupa helm, kaca spion serta tidak melanggar rambu-rambu maupun traffic light,” kata Hotlan saat berlangsungnya kegiatan simulasi di SMA Sisingamangaraja Tanjung Balai, Rabu (20/7/2022).

Terkhusus pelajar yang belum memenuhi syarat untuk memiliki SIM, lanjut Hotlan, ia mengimbau agar pelajar tersebut tidak membawa sepeda motor saat bersekolah.

“Bagi pelajar SMA apabila usia belum sampai 17 tahun dan tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) dilarang mengendarai sepeda motor saat akan ke sekolah,” tambahnya.

Secara moril, pelajar diingatkan agar tidak melakukan aksi kebut-kebutan di jalanan. Karena hal itu bukan hanya mengganggu dan dapat menyebabkan kecelakaan saja, tetapi siswa juga patut menunjukan adab berkendara yang baik.

“Pelajar Yayasan Perguruan SMA Sisingamangaraja khususnya siswa agar tidak terlibat dalam aksi kebut-kebutan maupun balapan liar di jalanan umum, serta aksi tawuran sesama pelajar dengan siswa dari sekolah yang lain karena dapat membahayakan diri sendiri serta orang lain yang menggunakan jalan umum,” ucap Kasat.

Di akhir, Hotlan berpesan agar siswa yang telah mengikuti simulai berkendara itu agar menjadi pelopor untuk menciptakan budaya tertiba berlalu lintas.

“Diharapkan pelajar menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di lingkungan sekolah dan keluarga,” pungkasnya.

Related Articles