Beranda Lalu Lintas Satlantas Polres Sukabumi Siapkan Pengamanan Lalu Lintas Jelang Arus Mudik

Satlantas Polres Sukabumi Siapkan Pengamanan Lalu Lintas Jelang Arus Mudik

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Mengantisipasi terjadinya kecelakaan dan kemacetan saat pelaksanaan mudik lebaran 2022, Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukabumi siapkan sejumlah strategi lalu lintas.

Hal itu diungkapkan, Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Sukabumi Ajun Komisaris Polisi (AKP) Bagus Yudo Setiawan, akan melakukan beberapa skenario pengaturan lalu lintas, yakni melakukan pengamanan lokasi daerah rawan terjadi laka lantas, kemacetan lalu lintas di lokasi jalur mudik serta jalur wisata di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Untuk lokasi daerah rawan terjadi laka lantas, Satlantas polres Sukabumi, akan mempersiapkan anggota mengawasi di tanjakkan Letter S Cikidang.

“Upaya yang dilakukan untuk mengurangi fatalitas korban laka lantas dengan memasang spanduk-spanduk himbauan,” ujar Kasat Lantas Polres Sukabumi AKP Bagus Yudo Setiawan.

Sementara, lanjut Bagus Yudo, untuk pengamanan daerah rawan kemacetan lalu lintas di jalur arteri, pihaknya akan fokuskan dibeberapa lokasi seperti di Cicurug mulai dari Pasar Cicurug hingga Simpang Cidahu, Parungkuda mulai dari simpang stasiun – Pasar, serta di Cibadak mulai dari pasar, terminal, Labora hingga simpang ratu.

“Kalau untuk daerah rawan kemacetan lalu lintas di lokasi wisata akan di fokuskan beberapa titik, seperti Simpang Bagbagan, Simpang Damkar, Simpang Batu Sapi, Simpang Jangilus, jalan depan Tempat Pelelangan Ikan, Gunung Butak, Citepus dan Karang Hawu,” sambungnya.

Adapun untuk persiapan jelang pelaksanaan mudik lebaran , kata Bagus Yudo, satlantas Polres Sukabumi telah mempersiapkan anggota Satlantas Polres Sukabumi dalam rangka pengamanan, juga melaksanakan rapat koordinasi dengan instansi terkait mengenai kesiapan pengamanan Jalur arus mudik maupun Jalur wisata.

“Ya seperti TNI, Dishub, Satpol PP, Dinas Pariwisata dan unsur terkait lainnya,” jelasnya.

Masih kata Bagus Yudo, pihaknyapun dalam pelaksanaan mudik lebaran nanti akan menyiapkan jalur-jalur alternatif yang akan digunakan apabila ada terjadi pengalihan arus pada saat arus kendaraan padat, menyiapkan sarana prasarana rekayasa arus lalu lintas seperti waterbarier, tolo-tolo, spanduk himbauan dan rambu-rambu portable.

“Serta menyiapkan pos pelayanan lalu lintas, pos terpadu, pos pengamanan dalam rangka Operasi Ketupat Lodaya 2022 di wilayah Kabupaten Sukabumi,” terangnya.

Untuk itu, kata Bagus Yudo, pihaknya akan menerjunkan sebanyak kurang lebih 79 personel dari Satlantas Polres Sukabumi yang akan ditugaskan pada saat pengamanan jalur lalu lintas, baik Jalur mudik maupun jalur wisata.

“Kami menghimbau kepada pemudik, tetap berhati – hati dan tertib dalam berkendara di saat mudik dan berwisata, ikuti arahan dari petugas, utamakan keselamatan dibandingkan kecepatan, hindari pelanggaran lalu lintas,” tandasnya

Related Articles