Beranda Nasional Satlantas Polres Probolinggo Bagikan Sembako kepada Penyandang Disabilitas

Satlantas Polres Probolinggo Bagikan Sembako kepada Penyandang Disabilitas

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Pengabdian tanpa batas tidaklah menjadi rintangan dalam bertugas melayani masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dan PPKM Level 4 yang dilakukan Satlantas Polres Probolinggo Kota.

Setelah sebelumnya berbagi sembako ke pedagang kreatif lapangan (PKL), pedagang jalanan, dan ojek online.

Kali ini, secara estafet kembali Satlantas Polres Probolinggo Kota menyentuh ratusan penyandang disabilitas di wilayah Kota Probolinggo, mendapatkan bantuan sosial dampak PPKM Darurat Level 4, dihalaman Mapolres, Jum’at (23/07/2021).

Kasatlantas Polres Probolinggo Kota, AKP Roni Faslah mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meringankan beban ekonomi yang makin sulit di tengah pandemi Covid -19 terutama bagi para penyandang cacat yang terdampak pandemi dan PPKM Level 4.

“Para penyandang disabilitas juga tak lepas dari pantuan kami. Karena mereka juga sangat terdampak dengan adanya pandemi Covid-19, dan PPKM Level 4 ini. Maka Satlantas memberikan bantuan sembako yang merupakan kebutuhan paling dasar bagi mereka dan keluarga,” kata AKP Roni Faslah.

Secara ekonomi, kata Roni Faslah, semoga bantuan tersebut bisa meminimalisir beban mereka dan keluarga untuk beberapa hari ke depan terutama dampak PPKM Level 4 sehingga mereka bisa tetap stay at home dengan aman.

Selain itu, juga menghimbau pada seluruh penyandang disablitas untuk tetap mematuhi peraturan pemerintah.

“Bagi penyandang disablitas saya harap patuhi himbauan pemerintah. Mari bersama-sama memutus penyebaran Covid-19 dengan menggunakan masker kapanpun dan dimanapun, jaga jarak dan cuci tangan yang bersih,” pinta Kasat Lantas.

Dikatakan Kasat Lantas, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin Jum’at Berkah yang dilaksanakan oleh Satlantas dalam membantu warga yang mengalami kesulitan ekonomi khususnya ditengah mewabahnya pandemi Covid-19 dan PPKM Darurat Level 4 saat ini.

“Kami Berbagi, jadi setiap minggunya kita membagikan bantuan sosial berupa sembako kepada warga yang membutuhkan. Kami tersentuh melihat warga khususnya penyandang disabilitas, mereka pasti membutuhkan uluran tangan kita. Semasih kita mampu, mari berbagi kepada mereka,” tutur Roni Faslah.

Salah satu penyandang disablitas Fiddunnya (30) tidak kuasa menahan air mata kala dia dan teman-teman senasib dengannya menerima bantuan.

Fiddunnya merupakan tuna daksa atau penyandang disabilitas berupa kelainan bentuk tubuh, yang mengakibatkan kelainan fungsi dari tubuh untuk melakukan gerakan-gerakan yang dibutuhkan. Untuk berdiri dan melangkahkan kaki saja, dia tak pernah lepas dari kursi roda untuk menopang tubuhnya.

“Ini hal luar biasa bagi kami. Kami sebenarnya butuh support, dukungan seperti ini. Kami ingin menjadi diri yang berguna bagi negara ini,” terangnya.

Baginya yang telah menghabiskan sisa usianya untuk golongan disabilitas tersebut, bantuan sembako itu menjadi bentuk dukungan dan perhatian Satlantas Polres Probolinggo Kota untuk penyandang disabilitas. Tidak banyak kalangan yang memberikan dukungan serupa.

Related Articles