Beranda Lalu Lintas Satlantas Polres Ponorogo Amankan 34 Motor Balap Liar

Satlantas Polres Ponorogo Amankan 34 Motor Balap Liar

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Lagi dan lagi, puluhan motor yang diduga digunakan untuk aksi balap liar berhasil diamankan di Mapolres Ponorogo pada Minggu (15/1/2023) dini hari.

Total ada 34 motor yang berhasil diamankan petugas gabungan dari Satlantas, Satintelkam dan Satreskrim Polres Ponorogo pada operasi rutin cipta kondisi tersebut.

Kanit Kamseltibcarlantas Satlantas Polres Ponorogo, Ipda Abdul Cholik mengatakan operasi tersebut menyasar sejumlah ruas jalan yang sering digunakan untuk aksi kebut kebutan di malam hari.

Antara lain Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Suromenggolo, Jalan Juanda dan kawasan sekitar alun alun.

“Memang ini giat rutin, kami gelar operasi razia balap liar,” ungkap Cholik sapaanya kepada wartawan, Minggu (15/1/2023)

Cholik menambahkan bahwa puluhan motor yang diamankan tersebut selain diduga untuk balap liar juga tidak sesuai dengan spektek.

Seperti penggunaan knalpot brong serta modifikasi yang melanggar ketentuan yakni penggunaan ban yang tidak standar.

“Ini juga upaya kita sebagai bentuk pencegahan laka lantas selain sosialisasi kepada sekolah sekolah,” bebernya

Disebutkan Cholik, mayoritas yang terjaring razia balap liar tersebut merupakan remaja yang berstatus pelajar baik SMP dan SMA.

Bahkan ada yang berasal dari luar Ponorogo yang sengaja untuk ikut balap liar.

Meskipun demikian pihaknya hanya melakukan penilangan kepada 24 kendaraan karena terbukti melanggar spektek dan tidak dilengkapi surat kendaraan.

Sedangkan sisanya hanya mendapatkan himbauan dan teguran lantaran kendaraannya seusai sepektek dan memiliki kelengkapan surat kendaraan.

“Yang kita tilang di tempat sebanyak 24 kendaraan, dan 10 kendaraan kita berikan imbauan serta teguran,” beber Cholik

Cholik berharap kepada orang tua untuk lebih mengawasi anaknya terlebih pada saat malam hari. Sebab orang tua juga berperan penting terhadap keselamatan anaknya dalam berkendara.

“Ini bukan tugas polisi saja juga ada peran penting dari orang tua disitu, ini untuk menekan angka lakalantas yang melibatkan pelajar,” tandasnya.

Related Articles