Beranda Nasional Satlantas Polres Klaten Manfaatkan Medsos untuk Sosialisasikan Keselamatan Berlalu Lintas

Satlantas Polres Klaten Manfaatkan Medsos untuk Sosialisasikan Keselamatan Berlalu Lintas

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Pandemi Covid-19 membuat Unit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Satlantas Polres Klaten tak seleluasa dulu dalam menyosialisasikan keselamatan berkendara. Tak boleh membuat kerumunan, sosialisasi kini digencarkan via media sosial.

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Klaten, Iptu Slamet Riyadi, mewakili Kapolres, AKBP Edy Suranta Sitepu, mengatakan sosiliasai digencarkan via Instagram, Youtube, dan Twitter. Materi sosialisasi di antaranya tentang kewaspadaan saat mengendarai kendaraan dan penggunaan helm ber-SNI. Kemudian larangan agar anak-anak tidak mengendarai sepeda motor, pelayanan SIM keliling, dan lainnya.

“Di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, sosialisasi keselamatan berlalu lintas sangat mengandalkan medsos. Kami pun optimalkan ke sana. Langkah ini efektif karena di era sekarang semua serba-online. Saat memposting materi di medsos, banyak yang melontarkan pertanyaan ke kami. Misalnya, pelayanan SIM lokasi di mana? Ada juga yang minta materi secara detail ke kami. Itu bukti ada respons dari masyarakat,” kata Iptu Slamet Riyadi, Senin (15/2/2021).

Unit Dikyasa juga proaktif mengajak seluruh masyarakat tetap menaati protokol kesehatan. Di antaranya memakai masker, menjaga jarak, dan rutin cuci tangan pakai sabun. “Di saat seperti ini, disiplin menaati protokol kesehatan menjadi yang utama. Agar lebih menarik, materi yang disebar di medsos juga diberi gambar yang menarik,” katanya.

Sementara Kasatlantas, AKP Bobby Anugrah Rachman, mengatakan angka kumulatif kecelakaan lalu lintas tahun 2020 mencapai 1.003 kejadian. Angka itu turun hingga 405 kejadian dibandingkan tahun 2019. Di tahun 2019, angka kecelakaan lalu lintas mencapai 1.408 kejadian.

Di 2020, tidak terdapat korban luka berat. Sedangkan luka ringan di 2020 mencapai 1.713 orang, menurun 594 orang dibandingkan 2019.

Related Articles