Beranda Kegiatan Satlantas Polres Jember Berikan SIM D kepada 25 Orang Difabel

Satlantas Polres Jember Berikan SIM D kepada 25 Orang Difabel

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Satlantas Polres Jember menyerahkan SIM D gratis kepada 25 difabel. SIM gratis tersebut diserahkan kepada difabel asal Jember yang sebelumnya dinyatakan lulus ujian teori dan ujian praktik di lapangan uji SIM Satlantas Polres Jember.

“Pembagian SIM D gratis tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Disabilitas Internasional,” kata AKP Enggarani Laufria, Kasatlantas Polres Jember, Kamis (8/12).

Penyerahan SIM ini ditujukan agar para difabel tetap berkarya dan mencari nafkah. “Hal tersebut bisa menjadi motivasi anggota polisi dan masyarakat untuk meniru semangat mereka. Meski demikian, prosesnya tetap melalui tahapan yang sama seperti pemohon SIM lainnya,” kata Enggar.

Menurutnya, penyerahan SIM D kepada penyandang disabilitas ini juga dimaksudkan untuk menyosialisasikan tentang hak yang sama bagi warga negara untuk berkendara. Karena, hak mengemudikan kendaraan bermotor merupakan hak semua orang.

Kepemilikan SIM sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Enggar pun berharap, bagi warga difabel yang ingin mengajukan permohonan SIM D langsung datang ke Satlantas Polres Jember. “Teman-teman disabilitas bisa mengurus atau memohon SIM D,’’ ujarnya.

Hadi Siswanto, difabel asal Rambipuji mengaku senang bisa memperoleh SIM D. Kini, dia tak perlu khawatir lagi masuk ke kawasan kota saat berkendara. “Dulu takut, tapi sekarang sudah merasa nyaman dan tenang setelah memiliki SIM khusus penyandang disabilitas seperti saya,” pungkasnya.

Related Articles