Beranda Nasional Satlantas Polres Dumai Kedepankan Tindakan Simpatik dan Humanis dalam Pelaksanaan Operasi Patuh 2021

Satlantas Polres Dumai Kedepankan Tindakan Simpatik dan Humanis dalam Pelaksanaan Operasi Patuh 2021

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Hingga Rabu (29/9/2021) Operasi Patuh Lancang Kuning Tahun 2021 memasuki hari ke-10. Dalam operasi tersebut Satlantas Polres Dumai lebih mengedepankan simpatik, edukasi, preemtif, dan preventif serta humanis.

Kasat Lantas Polres Dumai AKP Akira Ceria, S.I.K mengatakan, Satuan Lalu Lintas Polres Dumai tetap mengedepankan tindakan simpatik dan edukasi dalam pelaksanaan Operasi Patuh Lancang Kuning Tahun 2021.

“Oleh karena itu, Satuan Lalu Lintas Polres Dumai tidak melakukan penindakan hukum atau memberikan surat bukti pelanggaran (tilang) pada pengendara, adapun penindakan dengan tilang dapat dilakukan jika personil lalu lintas kita menemukan langsung pelanggaran yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas,” kata Kasat Lantas Polres Dumai AKP Akira Ceria, Rabu (29/8/2021).

Dia mengatakan, petugas lebih mengedepankan tindakan simpatik dan edukasi yang bertujuan untuk menekan tingkat pelanggaran kecelakaan serta memberikan kesadaran kepada masyarakat saat berkendara di jalan raya.

Akira Ceria menambahkan, melalui Satgas Preemtif dan Satgas Preventif Operasi Patuh Lancang Kuning Tahun 2021 Polres Dumai telah membagikan ratusan masker bagi para pengendara dan masyarakat pengguna jalan.

“Pembagian masker ini adalah kegiatan Operasi Patuh Lancang Kuning Tahun 2021. Selain itu juga sebagai upaya ikut membantu program pemerintah untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 yang hingga kini belum usai,” jelasnya.

Kasat Lantas Polres Dumai AKP Akira Ceria mengatakan pada pembagian masker, Satuan Lalu Lintas Polres Dumai mengimbau masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan, yaitu 5M, memakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir, menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas.

“Selain mengedepankan tindakan preventif dan edukasi saat Operasi Patuh, kami menekankan pada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Demikian pula untuk keselamatan berkendaraan, pengendara diminta agar melengkapi surat-surat saat berkendara di jalan raya,” pungkasnya.

Related Articles