Beranda Kegiatan Satlantas Polres Batang Beri Pembinaan Keselamatan Berlalu Lintas kepada Sopir Ambulans

Satlantas Polres Batang Beri Pembinaan Keselamatan Berlalu Lintas kepada Sopir Ambulans

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI- Satlantas Polres Batang memberikan pembinaan bagi para pengemudi mobil ambulans mengenai kepatuhan berlalu lintas dan keselamatan di jalan, melalui program penyuluhan dan pembekalan Bantuan Hidup Dasar (BHD) tersebut diikuti oleh 84 pengemudi desa dan ormas di Klinik BTJ Medical Center Kemiri Timur, Subah, Minggu (24/4/2022).

Dalam arahannya Kepala Urusan Pembinaan Operasi Satuan Lalu lintas Satlantas Polres Batang, Ipda Danang Primayanto mengajak kepada para pengemudi ambulans untuk selalu tertib mematuhi aturan yang ada.

“Patuhi aturan yang ada serta Standart Operating Prosedur menjalankan ambulans, tertib berlalu lintas apalagi membawa pasien atau orang sakit untuk segera mendapatkan pertolongan, jangan abaikan keselamatan saat mengemudi,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut Ipda Danang juga menyinggung perihal lampu rotator pada kendaraan. Berkaitan dengan rotator sudah jelas di atur dalam UU no 22 tahun 2009 tentang Lalu lintas dan angkutan jalan pasal 59.    

“Pada pasal 59 ayat 1 dan 2 mengatur lampu dan sirine dijelaskan warna lampu rotator biru dengan sirine untuk kepolisian, merah sirine untuk ambulans, tahanan, TNI, palang merah dan jenazah, kuning tanpa sirine untuk patroli jalan tol dan sarana pengawasan jalan, hal ini agar dipahami semua,” jelasnya.

Lebih lanjut, keselamatan dalam mengemudi terdapat pada faktor perilaku pengemudi dan bukan saja keterampilan melainkan juga perilaku di jalan.              

“Di saat mengemudi harus siap mental dan tidak terbebani, termasuk dari diri sendiri atau orang lain, sehingga benar-benar siap dan berkonsentrasi di jalan,” jelasnya.

Ia meminta pengemudi mempersiapkan diri sebelum mengemudi, disamping aspek fisik dan psikologi sebelum berkendara.          

“Pastikan tidak sakit, siapkan surat-surat, jangan lupa berdoa, dan cek kondisi kendaraan dalam keadaan siap serta laik jalan,” imbuhnya.

Salah satu peserta, Masruri dari Sopir ambulans desa Rejosari Timur Tersono sangat mengapresiasi langkah yang diambil pihak klinik yang telah melakukan pelatihan.

“Terimakasih kepada penyelenggara atas pelatihannya dan terimakasih pula kepada Satlantas Polres Batang atas pencerahannya, akan kami pedomi dalam bekerja melayani masyarakat,” pungkasnya.

Related Articles