Beranda News Respon Keluhan Warga, Satlantas Polrestabes Bandung Amankan Puluhan Motor Knalpot Bising

Respon Keluhan Warga, Satlantas Polrestabes Bandung Amankan Puluhan Motor Knalpot Bising

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Polisi mengamankan puluhan motor di Jalan Stasion Timur Kecamatan Andir, Kota Bandung, pada Minggu 9 April 2023 dini hari. Pada saat yang bersamaan polisi juga amankan para pemilik kendaraan tersebut.

“Kita amankan ada 25 motor. Mereka lagi pada nongkrong,” kata Kapolsekta Andir, Komisaris Edy Kusmawan.

Edy mengatakan, mereka yang diamankan tersebut, berawal dari adanya keluhan masyarakat terkait keberadaan kelompok bermotor yang meresahkan warga.

Tim patroli dari Polsekta Andir pun langsung mendatangi lokasi-lokasi yang disinyalir menjadi tempat berkumpulnya para kelompok bermotor.

“Tadi kita langsung amankan beberapa diantaranya ada yang gunakan knalpot bising dan tidak ada surat-surat kendaraan,” katanya.

Para pemilik motor pun diminta langsung membawa kendaraan-kendaraannya ke Mapolsek Andir dengan pengawalan kepolisian. Mereka akan terlebih dahulu diperiksa untuk dimintai keterangan.

“Sementara kita periksa dulu, nanti setelahnya kita lakukan penindakan,” katanya.

Terpisah Satlantas Polrestabes Bandung, menjaring puluhan motor di beberapa titik di Kota Bandung di waktu yang sama. Puluhan motor yang diamankan tersebut, rata-rata menggunakan knalpot bising.

Kegiatan tersebut, langsung dipimpin Kasatlantas Polrestabes Bandung Komisaris Eko Iskandar.

“Kita lakukan ini adalah penindakan terhadap kendaraan motor yang menggunakan knalpot bising,” kata Eko.

“Sesuai pasal 285 UU Lalu lintas Angkutan Jalan yang mana tidak sesuai dengan kelayakan teknis. Rata rata kendaraan yang kita tindak adalah knalpot yang sudah diganti dari knalpot standar ke knalpot racing atau bubukan,” katanya.

Eko juga mengatakan penindakan ini, bertujuan untuk menciptakan kenyamanan dan ketertiban dalam berlalu lintas. Selain itu, kegiatan ini juga untuk mencegah kegiatan kelompok bermotor.

“Kita antisipasi, anak-anak muda yang sering konvoi konvoi motor track-trackan maupun kegiatan kegiatan geng motor,” jelasnya.

Eko menuturkan, Satlantas Polrestabes Bandung sering mendapat laporan dari masyarakat adanya aktivitas pemuda-pemuda, yang menggunakan knalpot bising. Pihaknya pun segera menindaklanjuti keluhan itu, dengan lakukan razia terhadap kendaraan knalpot bising.

“Dalam dua minggu ini kita sudah mengaman 1160 kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot racing. Selain itu, penindakannya kita pembinaan di kantor, kita minta mengganti knalpot dengan knalpot standar,” ungkapnya.

“Kita terus konsisten melaksanakan kegiatan ini, karena tadi kita untuk mengantisipasi kegiatan ikutan seperti track trackan, geng motor yang bisa juga sampai tawuran,” tandasnya.

Related Articles