Beranda Lalu Lintas Polda NTB Siapkan Skema Antisipasi Kemacetan Saat MotoGP Mandalika Digelar

Polda NTB Siapkan Skema Antisipasi Kemacetan Saat MotoGP Mandalika Digelar

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Polda NTB tengah menyiapkan antisipasi kemacetan pada puncak event balapan MotoGP minggu depan. Pasalnya, event ini diperkirakan akan dihadiri 65 ribu hingga 100 ribu penonton.
Para penonton juga diperkirakan akan menggunakan kendaraan pribadi menuju parkir di Parkir Timur dan Parkir Barat.

“Pihak kepolisian harus bekerja keras untuk mengurai kemacetan pada puncak balapan MotoGP pada Minggu (20/3) pekan depan. Kemungkinan besar akan terjadi kerumunan penonton untuk menukarkan tiket pada hari itu,” kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto, Sabtu (12/3/2022).

Untuk menghindari antrian penukaran tiket, pihak panitia sudah menambah lokasi penukaran tiket di eks Bandara Selaparang, Kota Mataram dan eks Embarkasi Haji Bandara BIZAM. Hal ini juga bertujuan untuk mempermudah warga Lombok dan sekitarnya.

Meski demikian, penukaran tiket hanya berlangsung pada 15-17 Maret. Selain itu, mayoritas penonton datang dari luar Lombok dengan menggunakan transportasi udara dan laut. Dengan demikian, mereka nantinya akan langsung ke Parkir Timur dan Parkir Barat untuk menukarkan tiket. Padahal, di kedua lokasi tersebut sudah disiapkan shuttle bus pada 18-20 Maret.

Mengenai hal ini, PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) memprediksi adanya lonjakan pengguna penyeberangan pada 19 Maret. Namun, General Manager PT ASDP Lembar, Muhammad Yasin mengatakan pihaknya akan berupaya maksimal mendukung pelayanan penyeberangan masyarakat, khususnya di Pelabuhan Padang Bai, Bali dan Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat.

“Diperkirakan 21.700 orang sudah membeli tiket dan sudah menginap di Bali, kemungkinan 19 Maret pagi terjadi lonjakan pengguna jasa penyeberangan pelabuhan di Bali dan NTB,” ujar Yasin.

Yasin memprediksi peningkatan kedatangan masyarakat di Mandalika akan terjadi pada 19 dan 20 Maret. Sementara, arus balik akan terjadi pada 20-21 Maret mendatang.

“Kemungkinan 20 Maret sore sudah pada pulang kembali menggunakan jasa pelabuhan Lembar menuju Bali,” ungkap Yasin.

Tak hanya itu, lonjakan pengguna pesawat juga diprediksi akan terjadi pada 18-20 Maret mendatang. Berdasarkan data PT Angkasa Pura, jumlah penumpang yang datang ke Bandara Internasional Lombok pada 17 Maret sebanyak 9.544 orang. Kemudian di hari berikutnya mencapai 8.614 orang, dan pada 19 Maret terdapat 8.436 penumpang.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Polda NTB telah meminta penambahan lokasi tiket untuk di eks Embarkasi Haji Bandara BIZAM, eks Bandara Selaparang dan Pelabuhan Lembar guna mengurai kerumunan saat penukaran tiket.

Namun, penambahan hanya disetujui di dua lokasi, yaitu Selaparang dan eks embarkasi haji Bandara BIZAM. Kedua lokasi tersebut dibuka pada 15-17 Maret 2022. Masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas shuttle bus yang telah disediakan panitia untuk menuju lokasi Gate 1,2 dan 3. Pada 18-20 Maret, penukaran tiket akan terpusat di Parkir Timur dan Parkir Barat.

Related Articles