Beranda Headlines Persiapkan Kelancaran Libur Nataru 2023, Kakorlantas Tinjau Pelabuhan Gilimanuk Bali

Persiapkan Kelancaran Libur Nataru 2023, Kakorlantas Tinjau Pelabuhan Gilimanuk Bali

oleh Redaksi NTMC

KORLANTASPOLRI – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi didampingi Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan melanjutkan peninjauan Pelabuhan Gilimanuk Bali menggunakan Kapal Wicitra Dharma III dalam melanjutkan survei dan konsolidasi menjelang persiapan Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, pada Jumat (24/11/2023).

Dalam peninjauannya, Irjen Pol Firman Shantyabudi memastikan langsung kesiapan Pelabuhan Gilimanuk baik operasional maupun infrastruktur yang berjalan.

“Hari ini kita melanjutkan survei dan konsolidasi monitor persiapan kemarin sudah mendengarkan persiapan Pelabuhan Ketapang dengan semua indikator-indikator yang kita harapkan bisa segera terealisasi sebelum hari H,” ujar Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi.

Tiba di Pelabuhan Gilimanuk Kakorlantas Polri bersama stakeholder mendapatkan paparan langsung dari General manager ASDP cabang Ketapang Syamsudin dan Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana di Gedung ASDP Jembrana Bali.

Pelaksanaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 memfokuskan pada destinasi dan tempat-tempat kembalinya masyarakat yang akan menuju Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi Jawa Timur serta pengaturan arus yang akan keluar dari Pelabuhan Gilimanuk, Bali.

“Masih ada beberapa kerjaan fisik yang ada di sekitar Pelabuhan dan juga tadi untuk pengaturan arus yang akan masuk dan keluar Gilimanuk karena kita tahu bahwa beberapa area memang terbatas penting dilakukan pengaturan,” tambah Irjen Pol Firman Shantyabudi.

Irjen Pol Firman Shantyabudi menambahkan, dengan adanya informasi yang disebarluaskan langsung kepada masyarakat dan berkomunikasi dengan BMKG dapat memperlancar pergerakan pengendara.

“Kita harapkan adanya informasi-informasi langsung pada masyarakat, kita juga harus terus berkomunikasi dengan BMKG umpamanya apabila terjadi perlambatan kita persiapkan masyarakat di sekitar Pelabuhan yang mungkin nanti pada saat ada peningkatan-peningkatan arus ini mungkin ada perubahan-perubahan rekayasa,” tegas Kakorlantas Polri.

Kakorlantas Polri mengimbau agar petugas yang bertugas dalam mengamankan Nataru agar mempersiapkan dengan komunikasi dan koordinasi, serta untuk yang melaksanakan mudik agar dapat bekerjasama dan tertib mengikuti arahan petugas.

“Sekali lagi persiapkan persiapkan dan persiapkan komunikasikan, koordinasikan terus sampai nanti menjelang pelaksanaan hari H, nanti kita berdoa dan kita harapkan masyarakat baik pemudik maupun yang akan melaksanakan liburan juga masyarakat setempat yang wilayahnya digunakan untuk baik destinasi ataupun rute kita harapkan kerjasamanya untuk kelancaran bisa kita capai bersama,” tutup Irjen Pol Firman Shantyabudi.

Sebelumnya Korlantas Polri dan stakeholder telah melakukan peninjauan jalur Tol Jakarta-Surabaya, Pelabuhan Merak-Pelabuhan Ciwandan, Pelabuhan Jangkar Kabupaten Situbondo, Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Jawa Timur, dan Pelabuhan Gilimanuk Bali.

Turut hadir, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi, Direktur Operasional PT. Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana, Wadirlantas Polda Bali AKBP Bima Arya Visesa dan Pejabat Korlantas Polri.

Related Articles