Beranda Kegiatan Pantauan Libur Nataru, Korlantas Polri Prediksi Puncak Arus Balik Terjadi Hari Ini

Pantauan Libur Nataru, Korlantas Polri Prediksi Puncak Arus Balik Terjadi Hari Ini

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Memasuki tahun baru 2023, Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan menggelar pantauan jalur arus balik libur Nataru di tol Jakarta Cikampek. Turut dalam rombongan Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi, Direktur Operasional Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana serta jajaran pejabat utama Korlantas Polri.

“Kita monitor beberapa gerbang tol dari Kalikangkung hingga Cipali dan terakhir KM 60, lalulintas dari arah timur maupun selatan masih normal artinya terkendali dibawah 5000 kendaraan,” ucap Brigjen Pol Aan Suhanan di rest area KM 57 tol Japek, Minggu (1/1/2023).

Brigjen Pol Aan Suhanan menambahkan sejauh ini belum diperlukan rekayasa lalulintas. Pihaknya terus memantau waktu-waktu perilaku pengemudi yang melakukan perjalanan setelah makan pagi, makan siang dan sore hari.

“Terkait pencambutan PPKM memang ada peningkatan lalulintas namun tidak signifikan, hanya perjalanan lokal atau pendek,” tambahnya.

Beberapa lokasi tambahnya, menjadi perhatian lebih untuk diwaspadai. Jalur arteri pantura ada 5 titik sedang ada perbaikan jembatan, sedang di jalur tol ada sejumlah rest area dan pertemuan arus menyebabkan bottle neck.

“Setelah Operasi Lilin kita adakan evaluasi keseluruhan, namun saat ini setiap hari kita evaluasi untuk arus lalulintas, rekayasa lalulintas, jalur wisata. Beberapa wilayah sudah melakukan rekayasa lalulintas seperti tadi di Limbangan, Lembang dan Bogor,” jelasnya.

Puncak arus balik diprediksi terjadi hari ini karena besok sudah kembali bekerja baik swasta maupun ASN. Puncak kepadatan polanya terjadi setelah makan pagi, setelah makan siang dan setelah makan malam. Setelah itu, kungkinan akan pulang secara bertahap setelah tanggal 2 Januari 2023.

Related Articles