Beranda Nasional Operasi Zebra Satlantas Polres Pangkalpinang Sediakan Vakninasi di Tempat

Operasi Zebra Satlantas Polres Pangkalpinang Sediakan Vakninasi di Tempat

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pangkalpinang menggelar Operasi Zebra Menumbing 2021. Kali ini, Selasa (16/11/2021) siang, petugas menggelar razia kendaraan bermotor di Jalan Budimula atau seputaran Pusat Perbelanjaan Ramayana Pangkalpinang.

Kepala Unit Pengaturan Penjagaan, Pengawalan dan Patroli (Turjawali) Polres Pangkalpinang, Ipda Prasetyo mengatakan, dalam operasi tersebut petugas memprioritaskan kepada sejumlah pelanggaran kasat mata yang dilakukan pengendara kendaraan bermotor.

“Kegiatan ini kita prioritaskan kepada pelanggaran yang kasat mata. Jadi pengendara yang lengkap, memakai helm itu tidak akan kita tindak,” kata dia.

Prasetyo berujar, kegiatan operasi Zebra Menumbing ini sendiri dilakukan secara stasioner ataupun menetap dengan tetap mengedepankan pola preemtif, preventif, dan penindakan.

Akan tetapi, kepolisian lebih mengedepankan kepada protokol kesehatan Covid-19. Di mana para pengendara yang kedapatan belum melaksanakan vaksin Covid-19 akan diarahkan di posko yang telah disediakan untuk segera melakukan vaksin.

“Namun untuk hari ini kita laksanakan sekaligus untuk percepatan vaksinasi, bagi para pengguna kendaraan yang belum melaksanakan vaksin kita langsung arahkan untuk vaksin di posko yang telah disediakan oleh Polres Pangkalpinang,” jelas Prasetyo.

Meskipun demikian, untuk pelanggaran kasat mata seperti tidak memakai helm, tidak memasang sabuk pengaman, bermain ponsel saat berkendara, dan penggunaan strobo rotator tidak sesuai aturan hingga penggunaan knalpot brong akan tetap ditindak.

“Untuk pelanggaran yang kasat mata seperti tidak menggunakan helm, penggunaan kendaraan tak sesuai peruntukan, nomor kendaraan yang tidak ada, kemudian knalpot brong itu akan kita tindak,” tegasnya.

Pantauan di lokasi sendiri memang, banyak pengendara kendaraan bermotor banyak yang memutar balikan kendaraannya.

Mereka diduga lebih memilih untuk menghindari razia yang dilakukan oleh petugas dari Satlantas Polres Pangkalpinang.

Sementara itu, pengendara maupun penumpang yang terjaring razia vaksin juga cukup banyak, sampai berita ini diturunkan sedikitnya 15 orang telah terjaring untuk melakukan Vaksinasi Covid-19.

Related Articles