Beranda Lalu Lintas Operasi Kesempatan, Satlantas Polres Jember Ajak Wali Murid dan Guru Operasi Kendaraan Balap Liar

Operasi Kesempatan, Satlantas Polres Jember Ajak Wali Murid dan Guru Operasi Kendaraan Balap Liar

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Satuan Lalu Lintas Polres Jember memanggil para orang tua dan guru agar turut memberikan pembinaan kepada puluhan pelajar yang terjaring razia balap liar.

Dalam razia balap liar yang dilakukan di sepanjang Jalan Hayam Wuruk, Kecamatan Kaliwates pada Jumat malam, polisi berhasil mengamankan puluhan kendaraan bermotor tidak standar dan menggunakan knalpot brong yang diduga hendak digunakan sebagai ajang balap liar.

Kasatlantas Polres Jember, AKP Arum Inambala mengatakan, selain melakukan penindakan dengan mengamankan kendaraan roda dua yang tidak standar serta mengunakan knalpot brong, petugas juga berupaya memberikan pembinaan terhadap para remaja yang sebagian besar masih berstatus pelajar.

“Kami juga memanggil orang tua dan guru agar turut memberikan pengawasan bagi putra putri mereka dalam mentaati aturan lalu lintas dan tidak terlibat dalam aksi balap liar yang dilakukan di sejumlah titik jalan raya di Kabupaten Jember,” ujarnya, Selasa (14/2/2023).

AKP Arum Inambala menegaskan, upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas dan memberantas aksi-aksi balap liar akan semakin intensif digelar oleh jajaran Satlantas Polres Jember.

“Selain melakukan patroli secara rutin disejumlah titik yang ditengarai kerap dijadikan ajang balap liar, polisi juga akan terus memasifkan razia balap liar yang banyak diresahkan masyarakat terutama para penguna jalan,” tegasnya.

Langkah Satlantas Polres Kember menertibkan ajang balap liar sangat diapresiasi para orang tua salah satunya diungkapkan Irfan warga perum bumi tegal besar, menurutnya upaya penertiban dan pembinaan yang dilakukan pihak kepolisian untuk menekan angka kenakalan remaja di bidang otomotif maupun korban jiwa akibat kecelakan lalu lintas.

“Kami berterimakasih kepada pihak kepolisian yang secara tidak langsung menyelamatkan nyawa anak saya dan anak-anak yang lain, sebagai orang rua saya berharap upaya ini terus digalakkan sehingga aksi balap liar di kabupaten jember dapat diberantas dan tidak membahayakan keselamatan jiwa para generasi muda maupun para penguna jalan yang lain,” harapnya.

Selain memberikan pembinaan, para remaja yang terjaring razia balap liar diwajibkan mengembalikan kendaraan mereka dalam kondisi standart dan juga membuat peryataan tidak mengulangi perbuatan yang diketahui orang tua dan guru sekolah masing-masing.

Related Articles