Beranda Lalu Lintas Meski Penindakan Penilangan Menurun Selama PPKM, Satlantas Polres Sukabumi Tetap Imbau Masyarakat Patuhi Aturan Lalu Lintas

Meski Penindakan Penilangan Menurun Selama PPKM, Satlantas Polres Sukabumi Tetap Imbau Masyarakat Patuhi Aturan Lalu Lintas

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Jajaran Satlantas Polres Sukabumi Kota, terhitung Januari hingga saat ini sudah melakukan penindakan tilang sebanyak 4.000.

Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota, AKP Sujana mengatakan, selama masa pandemi Covid-19 angka tilang di Polres Sukabumi Kota mengalami penurunan. Bagai mana tidak, saat ini jajaran Satlantas Polres Sukabumi Kota lebih mengedepankan himbauan dan teguran dibanding penindakan dengan cara menilang.

“Ya, jumlah tilang saat ini mengalami penurunan drastis apabila dibandingkan tahun sebelumnya karena memang sekarang kami lebih mengedepankan persuasif,” kata Sujana, Senin (11/10/2021).

Sujana menjelaskan, pada 2020 lalu Satlantas Polres Sukabumi Kota melakukan tilang sebanyak 8.000. Namun, karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sehingga pada tahun ini mengalami penurunan.

“Karenakan saat ini tidak ada operasi sehingga jumlah tilang mengalami penurunan. Saat operasi kemarin juga kami labih melakukan himbauan dan teguran dibandingkan penilangan,” paparnya.

Kendati demikian, sambung Sujana, di masa Pandemi Covid-19 ini bukan berarti petugas membiarkan pengendara yang melanggar lalu lintas dengan begitu saja. Karena, ketika pengendara yang melanggar lalu lintas dan berpotensi mengakibatkan kecelakaan akan ditindak secara tegas dengan penilangan.

“Kalau pengendaranya sengaja tidak menggunakan helm atau kendaraan yang menggunakan knalpot bising kami berikan tindakan tegas dengan cara penilangan,” ungkapnya.

Guna meningkatkan kesadaran para pengendara, jajaran Satlantas Polres Sukabumi Kota setiap hari rutin melakukan himbauan dan wawar di jalan agar para pengendara dapat mematuhi aturan lalu lintas.

“Setiap hari, petugas rutin melakukan imbauan saat mengatur lalu lintas. Hal ini, dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran para pengendara dan juga menekan jumlah kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya.

Related Articles