Beranda Lalu Lintas Longsor Tutup Jalinsum Medan-Tarutung

Longsor Tutup Jalinsum Medan-Tarutung

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Longsor hingga menutupi badan jalan terjadi di jalan lintas Sumatera (Jalinsum), Medan ke Tarutung, Kecamatan Lumbanjulu, Toba. Akibat longsor itu, sempat terjadi ketersendatan kendaraan hingga puluhan kilometer.

Kasi Humas Polres Toba Iptu B Samosir membenarkan bahwa adanya longsor yang menutupi Jalinsum antara Medan ke Tarutung. Akibatnya, lalu lintas di jalan tersebut sempat putus total.

“Longsor terjadi, akibatkan jalan lintas Sumatera putus total dimana jalan tertimbun tanah dan material sehingga jalan tidak dapat dilintasi , tepatnya di Desa Jangga Dolok, Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba, sekitar pukul 02.00 WIB,” kata Samosir dalam keterangannya, Minggu (28/8/2022).

Bungaran menyebutkan akibat tak bisa dilalui kerena longsor tersebut, terjadi kemacetan yang diperkirakan puluhan kilometer di lokasi itu.

Informasi longsor itu awalnya disampaikan oleh warga, kemudian petugas kepolisian seperti Wakapolres Toba Kompol Lamin bersama personel turun ke TKP melakukan evakuasi material longsor dan koordinasi dengan instansi terkait untuk segera membawa alat berat sehingga jalan kembali bisa dilalui.

“Informasi dari masyarakat, bahwa hujan sudah turun dari mulai sore hingga malam hari, sehingga longsor tebing terjadi sekitar pukul 02.00 WIB, dan menutup akses jalan, sehingga macet terjadi mulai dari Parapat hingga ke Porsea,” sebut Wakapolres Toba, Kompol Lamin.

Dia menyebutkan ada 2 unit alat berat sudah diturunkan di lokasi, untuk pembersihan material longsor. Pada pukul 08.00 WIB tadi, jalan telah kembali dibuka dengan sistem buka-tutup.

“Saat ini, pada pukul 8.00 WIB, jalan sudah bisa dilalui dengan sistem buka tutup. Di mana, kendaraan sempat berlapis. Dan semoga secepatnya ini akan berjalan dengan normal kembali,” ujar Lamin.

Related Articles