Beranda Kegiatan Korlantas Polri Libatkan Guru di Bengkulu Dalam Menumbuhkan Kesadaran Budaya Tertib Berlalu Lintas Dikalangan Pelajar

Korlantas Polri Libatkan Guru di Bengkulu Dalam Menumbuhkan Kesadaran Budaya Tertib Berlalu Lintas Dikalangan Pelajar

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Korlantas Polri bersama Polda Bengkulu melaksanakan program Diseminasi Model Integrasi Pendidikan Lalu lintas (PLL) pada mata pelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) pada tingkat SD, SMP, SMA tahun ajaran 2022 di Bengkulu.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi diwakili Kasubdit Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri Kombes Pol Arman Achdiat, membuka langsung acara Diseminasi tersebut.

Kombes Pol Arman Achdiat menyebut lalu lintas merupakan cermin budaya bangsa, dengan adanya asistensi dari Korlantas Polri tentang diseminasi pelajaran lalu lintas akan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya disiplin berlalu lintas.

“Bagaimana kita bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat terutama yang saat ini kita lakukan yakni diseminasi pendidikan lalu lintas yang kita integrasikan dengan dinas pendidikan di provinsi Bengkulu terutama guru-guru PPKn.” Ujar Kombes Pol Arman Achdiat dalam keterangannya, di Bengkulu, Rabu (26/10/2022).

Dalam upaya meningkatkan kesadaran disiplin berlalu lintas dan upaya mencegah terjadinya tingkat kecelakaan dikalangan pelajar, sekolah memiliki peranan penting dalam melakukan upaya pencegahan dengan pemberian pemahaman oleh guru Pendidikan Kewarganegaraan.

Melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) dengan cara melakukan pengintegrasian pendidikan berlalu lintas dengan mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKn).

“Perubahan mindset harus benar-benar kita lakukan dari mulai sejak dini, kita harus menanamkan bagaimana mindset disiplin dan pemahaman tentang tertib berlalu lintas kita galakan mulai saat ini, oleh karena itu tujuan daripada diseminasi ini memberikan pedoman kepada anak anak SD, SMP dan SMA.” Tegas Kombes Arman.

Kapolda Bengkulu diwakili Wadirlantas Bengkulu Akbp Deddy Nata berharap seluruh guru SD,SMP, dan SMA di Bengkulu memahami pentingnya peranan guru dalam pemahaman kepada anak didiknya sejak dini.

“Kami berharap betul kegitan diseminasi berjalan dengan baik sehingga para kepala dinas pendidikan dan kebudayaan prov Bengkulu dan guru-guru PPKn dapat memahami pentingnya pembentukan kesadaran berlalu lintas kepada anak sejak dini di tingkat SD,SMP dan SMA sehingga nanti mereka paham betul aturan lalu lintas berkendara dengan baik dan aman dijalan.” Ujar Akbp Deddy Nata.

Dalam mewujudkan Komitmen Guru sebagai pribadi teladan dalam patuh berlalu Lintas, Kepala dinas pendidikan provinsi Bengkulu, Eri Yulian Hidayat menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Korlantas Polri yang telah memberikan modul berupa buku panduan bahan dasar pendidikan lalu lintas untuk diimplementasikan kepada anak didik di provinsi Bengkulu.

“Tentu ini salah satu bentuk starting point terutama guru PPKn karena modul sudah disiapkan Polri, tinggal kita bagaimana kita transfer kembali kepada anak didik kita agar betul memahami disiplin dalam berlalu lintas.” Ungkap Eri Yulian Hidayat.

150 perserta dari perwakilan guru-guru PPKn pada tingkat SD, SMP dan SMA yang tersebar di provinsi bengkulu mendukung penuh implementasi serta Integrasi pendidikan lalu lintas pada mata pelajaran PPKn dalam menumbuhkan kesadaran budaya tertib berlalu lintas bagi peserta didik.

“Saya sangat senang dan mendukung sekali karena dengan diadakannya acara ini sangat membantu bagimana cara kami untuk mensosialiasikam diseminasi masalah pembelajaran tertib berlalu lintas ke siswa disekolah kami.” Kata Rustam salah satu perwakilan Guru SMP di Bengkulu.

“Mudahan dengan adanya sosialisasi ini semua guru ppkn yang ada di bengkulu bisa menyampaikan materi ini dan angka kecelakaan terutama di bengkulu bisa berkurang, kami sangat mendukung kegiatan ini.” Ungkap Sri hartuti perwakilan guru SMA 2 Bengkulu Selatan.

Dalam Kegiatan ini dihadiri Kepala dinas pendidikan provinsi Bengkulu, kepala dinas pendidikan cabang provinsi bengkulu, Kepala dinas pendidikan kabupaten seprovinsi Bengkulu, Kasat Lantas Jajaran Polda Bengkulu, Kanit Kamsel Jajaran Polda Bengkulu, dan para Guru PPKn tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK.

Kegiatan tersebut, juga di isi seminar pembekalan materi oleh pembicara dari AKBP Arief bahtiar, Kasi Dikpen subdit Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri, pakar psikologi, Shinta serta Dosen STIK-PTIK, Chairul Muriman.

Related Articles