Beranda Lalu Lintas Kendaraan Pemudik Melonjak pada H-3 Lebaran, Lalu Lintas Tol Japek Tersendat

Kendaraan Pemudik Melonjak pada H-3 Lebaran, Lalu Lintas Tol Japek Tersendat

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Volume lalu lintas di ruas jalan tol tiga hari menjelang Lebaran terus meningkat. Kemacetan pun terjadi di Tol Jakarta-Cikampek pagi ini.

Pantauan dari lokasi di command center PJR Korlantas Polri di Km 29 Tol Japek, Kamis (29/4/2022), pada pukul 09.48 WIB, titik kemacetan berada di Km 31+500 Cikarang Barat. Terlihat kendaraan padat merayap di lokasi.

Kendaraan memang masih bisa melintas pelan di lokasi. Dari data yang dimiliki kepolisian, kendaraan bisa berjalan dengan kecepatan 9 km/jam.

Kepadatan lalu lintas masih terjadi di kilometer setelah Km 31+500. Tangkapan layar CCTV di command center PJR Korlantas Polri kemacetan masih terjadi di Km 48 Tol Japek.

Kendaraan tampak didominasi oleh mobil-mobil pribadi. Kendaraan tersebut melaju pelan di lokasi.

Kepadatan lalu lintas baru berkurang selepas Km 48 Tol Japek. Di Km 49, arus lalu lintas mulai terurai.

Kebijakan one way dari Km 47 Tol Japek hingga Km 414 Tol Kalikangkung diperbarui. Polisi menyebut saat ini pihaknya tengah mengupayakan perubahan titik masuk one way.

“Saat ini sedang proses pemunduran pintu masuk one way dari Km 47 ke Gerbang Tol Cikatama,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Jumat (29/4/2022).

“Dari Gerbang Tol Cikampek Utama ke Gerbang Tol Kalikangkung masih one way,” tambahnya.

Sambodo mengatakan upaya pemunduran titik one way itu dilakukan agar kendaraan ke arah Jakarta bisa melintas di ruas tol. Dia menyebut pagi ini kendaraan dari Tol Kalikangkung yang ke arah Jakarta masih dialihkan melalui jalur arteri.

“Dengan adanya pemunduran pintu masuk one way, arus lalu lintas dari Bandung menuju Jakarta bisa dinormalkan, melewati jalan tol (tidak lewat arteri),” terang Sambodo.

Related Articles