Beranda Headlines Kecelakaan Helikopter Kapolda Jambi di Perbukitan, Mabes Polri Fokus Evakuasi Korban

Kecelakaan Helikopter Kapolda Jambi di Perbukitan, Mabes Polri Fokus Evakuasi Korban

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Polri terus berupaya mengevakuasi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan rombongan dari hutan Kerinci, Jambi. Kadiv Humas Polri Dedi Prasetyo mengatakan pihaknya memprioritaskan proses evakuasi terhadap 4 orang, termasuk Irjen Rusdi.

Dedi mulanya menjelaskan bahwa kegiatan evakuasi dilaksanakan dalam dua tahap sejak pagi tadi. Dedi mengatakan proses evakuasi itu melibatkan sebanyak 4 helikopter.

“Kegiatan evakuasi dilaksanakan tadi dua tahap. Tahap pertama tadi 4 heli tersebut juga terbang jam 7 tadi,” kata Dedi di gedung Humas Mabes Polri, Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Namun Dedi mengatakan proses evakuasi itu mengalami kendala karena kabut yang cukup pekat. Menurutnya, sejumlah helikopter itu kembali untuk mengisi avtur setelah berputar di udara selama sekitar 2 jam.

“Tapi karena memang situasi kabutnya cukup pekat, kemudian vegetasi di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) juga rapat, ini juga merupakan salah satu kendala,” ujar dia.

“Sehingga, setelah berputar-putar hampir 2 jam, karena situasi tidak memungkinkan heli tersebut kembali mendarat untuk mengisi avtur,” imbuhnya.

Dedi mengatakan pihaknya sedang memprioritaskan proses evakuasi terhadap 4 orang. Mereka adalah Irjen Rusdi, kapten pilot, kopilot, dan satu korban lain.

“Kalau mengisi avtur berarti jam 9 tadi kurang lebih dikit, tadi 4 heli tersebut kembali terbang lagi untuk mencoba memaksimalkan proses evakuasi dengan prioritas adalah empat korban, yaitu Kapolda, kemudian kapten pilot, kemudian kopilot, dan satu korban lainnya,” katanya.

Related Articles