Beranda News Ini Sosok Bobota Polres Bojonegoro Saat Gelar Operasi Zebra Semeru

Ini Sosok Bobota Polres Bojonegoro Saat Gelar Operasi Zebra Semeru

oleh Didi

NTMC POLRI – Gelar Operasi Zebra Semeru 2020, Polres Bojonegoro melaksanakan patroli dengan Inovasi Teknologi bernama Bobota (Robot Bojonegoro Tangguh) di salah satu kawasan pusat perbelanjaan di jalan Veteran.

Bobota merupakan robot kendali yang memiliki fitur utama untuk melakukan tugas patroli Kepolisian. Kapolres Bojonegoro AKBP M. Budi Hendrawan, menerangkan bahwa Bobota dilengkapi dengan AI Kamera untuk mendeteksi masyarakat yang tidak menggunakan masker.

“Ketika Robot ini bertemu masyarakat yang tidak bermasker maka akan seketika diberikan imbauan terkait protokol kesehatan” kata Kapolres, Minggu (1/11/2020).

Kapolres menambahkan, Bobota memiliki kamera thermal untuk mengukur suhu tubuh manusia secara real time serta fitur pendeteksi masker.

“Diharapkan dengan adanya patroli Bobota akan dapat mengurangi interaksi langsung antara petugas dan masyarakat” tandasnya.

Kapolres berpesan kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga keselamatan dalam berkendara serta selalu memperhatikan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 di era adaptasi kebiasaan baru.

Tak sedikit warga yang diingatkan oleh Bobota untuk selalu pakai masker agar tetap terhindar dari penyebaran COVID 19.

Para petugas lantas Polres Bojonegoro yang turut dalam operasi juga mengimbau kepada pengendara motor untuk tetap tertib dan melengkapi surat dalam berkendara.

Related Articles