Beranda Lalu Lintas Ganggu Kamseltibcar Lantas, Satlantas Polres Metro Tertibkan PKL dan Parkir Liar

Ganggu Kamseltibcar Lantas, Satlantas Polres Metro Tertibkan PKL dan Parkir Liar

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Petugas gabungan tertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL) dan parkir liar di tepian jalan Kota Metro menjelang operasi lilin Krakatau 2022 dalam rangka pengamanan perayaan hari Natal dan Tahun Baru (Nataru), Senin (19/12/2022).

Penertiban tersebut dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri dari Satuan Polisi Lalulintas (Satlantas) Polres Metro, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Metro dan Satuan Polisi Pamong Praja (SatPol-PP) Kota Metro.

Dari pantauan di lokasi, tim gabungan mulai menertibkan sekitar pukul 09.00 WIB, yang menyasar 4 ruas jalan utama, masing-masing di Jalan AH Nasution tepatnya di depan PB Swalayan 21 dan kawasan SPBU 21.

Kemudian di Jalan Ahmad Yani tepatnya di depan PB Swalayan Kelurahan Iringmulyo, lalu di Jalan Soekarno-Hatta tepatnya dalam kawasan terminal induk Mulyojati 16C dan terakhir di ruas jalan Imam Bonjol hingga terminal kota.

Penanggungjawab tim gabungan, yang juga Kasat Lantas Polres Metro, AKP Rezki Parsinovandi mengatakan, kegiatan patroli gabungan itu dilakukan demi kelancaran arus lalulintas menjelang Nataru.

“Kami melaksanakan giat patroli gabungan serta melaksanakan penertiban dalam rangka antisipasi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023,” kata Rezki, saat memberikan keterangan, Senin (19/12/2022).

Dalam patroli gabungan tersebut, pihaknya juga melakukan penertiban terhadap kendaraan dengan muatan melebihi kapasitas alias Over Dimension/Overloading (ODOL) hingga PKL di atas trotoar.

“Kami lakukan penertiban terhadap kendaraan truk dan kendaraan ODOL di wilayah Kota Metro. Kita temukan kendaraan truk yang memasuki kota dan diberikan teguran lisan dan tertulis,” terangnya.

Kemudian ditemukan juga kendaraan yang parkir di badan jalan dan pedagang kaki lima yang berjualan di trotoar. Kemudian dilakukan penindakan berupa teguran.

Khusus bagi parkir liar, tim gabungan melakukan penertiban ke sejumlah titik untuk menertibkan parkir liar agar lalulintas berjalan lancar.

“Pelaksanaan kegiatan berjalan aman dan kondusif serta arus lalin lancar. Sebelumnya kami melaksanakan giat penertiban parkir liar di jalan Imam Bonjol dan Terminal Kota, kemudian melaksanakan penertiban parkir dan himbauan petugas parkir di BP swalayan 21 dan PB Iringmulyo serta melaksanakan pemeriksaan laik jalan kendaraan bus di terminal mulyojati 16C,” terangnya.

Sementara Kapolres Metro Polda Lampung, AKBP Yuni Iswandari Yuyun menjelaskan, terdapat 134 polisi yang aka diterjunkan mengamankan dan melayani masyarakat selama Nataru.

Untuk kesiapan Polres Metro Polda Lampung sendiri dalam menyambut perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 melibatkan 134 Personel Polres Metro, yang nantinya akan ada 2 pos pam yaitu di Masjid Nurul Huda, Kelurahan Ganjar Agung, Kecamatan Metro Barat.

Selanjutnya perbatasan Pekalongan dengan kota Metro di Jalan AH Nasution, Kelurahan Yosodadi, Kecamatan Metro Timur, dengan 1 pos pelayanan yaitu yang berlokasi di pos pantau Tugu Pena Sat Lantas Polres Metro Polda Lampung.

Dari informasi yang didapat, Polri bakal menggelar Operasi Lilin guna mengamankan perayaan natal 2022 dan tahun baru 2023, yang digelar mulai tanggal 22 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 mendatang.

Related Articles