Beranda Lakalantas Evakuasi Laka Truk Tangki Pertamina di Cibubur Terkendala Muatan

Evakuasi Laka Truk Tangki Pertamina di Cibubur Terkendala Muatan

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Proses evakuasi kecelakaan beruntun truk tangki Pertamina yang menabrak 10 sepeda motor dan 2 mobil di jalan alternatif Cibubur, Senin 18 Juli 2022 mengalami kendala. Hingga pukul 21.00 wib, masih tersisa satu kendaraan roda dua yang terjepit dibawah kolong truk tangki pertamina.

Petugas gabungan dari Damkar, Polisi, TNI, Dishub, dan unsur lainnya harus berhati-hati dalam proses evakuasi pasalnya truk tangki dalam keadaan bermuatan full 24.000 liter BBM jenis Bio Solar serta kondisi unit truk dalam keadaan miring dan jalan menurun.

“Kendala muatan full, kondisi jalan menurun dan kondisi unit 30-35 derajat kemiringannya, karena resikonya jika kendaraan terbalik.” ucap petugas Damkar Djoko Budi saat ditemui.

Lanjutnya, Djoko menerangkan karena dibawah truk tangki masih ada 1 motor kejepit dan kita tidak tahu masih ada pertalite atau Pertamax dan takutnya terjadi gesekan.

“Kita menghindari saat evakuasi terjadi gesekan akan menjadi radiasi panas dan menimbulkan percikan api,” terangnya.

“Info dari Pertamina tangki berisi Bio Solar. dimana bio solar itu nyala api lama, mati api juga lama,” imbuhnya.

Untuk saat ini petugas gabungan masih berusaha mengevakuasi badan truk tangki Pertamina dengan menggunakan alat berat. Petugas juga melakukan sterilisasi TKP kepada warga sekitar.

“Berdasarkan informasi pihak Pertamina, mobil ini akan ditarik kebawah sama unit 1 lainnya, stelah itu baru crane mengangkat tangki lalu tuker kepala untuk mengevakuasi tangki yang berisi BBM,” pungkasnya.

Terpantau dilapangan, petugas damkar kabupaten Bogor dan Bekasi mengerahkan 2 unit pemadam dan 2 unit rescue, serta terdapat 1 unit crane.

Related Articles