Beranda Kegiatan Edukasi Warga Sejak Usia Dini, Satlantas Polres Lubuk Linggau Bakal Bangun Kampung Tertib Lalin di Setiap Kecamatan

Edukasi Warga Sejak Usia Dini, Satlantas Polres Lubuk Linggau Bakal Bangun Kampung Tertib Lalin di Setiap Kecamatan

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Setiap kecamatan di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan (Sumsel) rencananya akan ada kampung tertib lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Lubuklinggau, AKP Agus Gunawan membenarkan hal itu. Rencananya kampung tertib lalu lintas di setiap kecamatan merupakan salah satu hasil rapat koordinasi forum lalu lintas bersama dengan dinas terkait di Mapolres Lubuklinggau.

“Kampung tertib lalu lintas, ya kampung tertib lalu lintas itu salah satu hasil rapatnya. Seluruh kecamatan menyiapkan tempat untuk kampung tertib lalu lintas,” katanya.

Kasat Lantas menjelaskan, setiap kecamatan nantinya akan menunjuk tempat atau lokasinya dimana. Kemudian setelah ditunjuk, pihak Satlantas Polres Lubuklinggau akan melakukan survey.

“Layak atau tidak. Kalau memang layak, kita laksanakan,” ujarnya.

Lebih lanjut, kalau tidak layak maka setiap kecamatan harus mencari atau menyiapkan kembali tempat alternatifinya untuk dijadikan kampung tertib lalu lintas.

“Karena kampung tertib lalu lintas itu adalah untuk edukasi kepada anak-anak,” jelasnya.

Selain itu juga dapat menjadi edukasi bagi remaja dan masyarakat umum. Sebab nantinya di kampung tertib lalu lintas itu akan dilengkapi peralatan seperti rambu lalu lintas. “Apabila adik-adik kita ditanamnkan sejak dini tentang ketertiban lalu lintas ini, Insya Allah kedepan mereka setelah dewasa sudah tertanam,” ungkapnya.

Kasat Lantas mencontohkan, pengendara motor tidak pakai helm itu tidak dibolehkan saat dijalan. Lalu rambu lalu lintas stop, pengendara tidak boleh melaku. Selanjutnya lampu merah, itu artinya setop.

“Itu salah satu edukasi-edukasi yang setiap hari mungkin dilihat pengendara saat melintas di jalan. Kalau anak-anak tertanam dengan seperti itu, dua setelah dewasa akan ngerti,” timpalnya.

Menurut Kasat Lantas, dengan telah ditanamkannya sejak dini mengenai tertib dalam berlalu lintas, maka salah satunya dapat mengurangi pelanggaran lalu lintas. Juga untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas (Lakalantas).

“Karena kebanyakan, terjadinya lakalantas itu diawali dengan pelanggaran lalu lintas,” pungkasnya.

Related Articles