Beranda Lalu Lintas Ditlantas Polda Papua Gelar Dialog Interaktif Bahas Rekayasa Lalin PON XX

Ditlantas Polda Papua Gelar Dialog Interaktif Bahas Rekayasa Lalin PON XX

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Dir Lantas Polda Papua Kombes Pol M. Nashihin, didampingi Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua Recky D.Ambrauw dan Kepala PT Jasaraharja Provinsi Papua Tamrin Silalahi menggelar dialog interaktif dengan tema Rekayasa Jalan Jelang PON XX Provinsi Papua di Studio Pro I RRI Jayapura.

Dalam kesempatannya Dir Lantas Polda Papua mengungkapkan rasa syukur karena tidak semua Provinsi dapat menjadi tuan rumah penyelenggaran PON, ini sungguh luar biasa untuk Papua.

“Maka dari itu saya berharap dukungan dan partisipasi masyarakat khususnya di bidang Kamseltibcar Lantas, pengamanan pengawalan rute dan lokasi parkir yang ini jadi tugas kami,” ujar Dir Lantas.

Pada 19 September 2021 mendatang, peserta dan official sudah pada berdatangan, jumlah Atlit dan peserta cukup besar kemudian kendaraan akan bertambah banyak. Di Papua memiliki karakteristik Jalanan yang berbeda dengan Provinsi lain utamanya jalannya berbukit bukit dan juga sempit, sehingga jika dibuat satu arah harus dipertimbangkan secara matang.

Pada pelaksanaannya terdapat beberapa masalah yaitu kepadatan arus, dan jumlah kendaraan juga cukup banyak. Untuk di Kota Jayapura sudah cukup banyak yakni sekitar 300 ribu kendaraan menambah suasana yang cukup memerlukan penikiran bagaimana kita nanti bisa merekayasa lalulintas.

Dir Lantas Juga menyampaikan, untuk rencana kami melakukan rekayasa lalu lintas terutama tentunya kami bekerjasama dengan instansi terkait khususnya Dinas Perhubungan kemudian Jasa Raharja, PU dan Stakeholder lain, ini kita diskusikan bersama sehingga nanti pada saat pelaksanaan bisa berjalan dengan lancar.

“Yang akan kami amankan nanti adalah yang pertama adalah pengamanan dan pengawalan, pengawalan ini berorientasi pada peserta yang datang, tempat penginapan dan juga venue olahraga,” ujar Dir Lantas.

Dir Lantas juga mengaskan, khusus untuk pembukaan nanti yang akan dihadiri oleh Bapak Priesiden RI Ir. H. Joko Widodo tentunya harus benar benar Safety, sudah beberapa bulan yang lalu khususnya dengan Dinas Perhubungan dan Jasa Raharja kita berkolaborasi untuk mencari cara bertindak paling tepat.

“Kami telah bersepakat nantinya akan diterapkan yang pertama mengalihkan arus lalu lintas, kemudian buka tutup arus lalu lintas dan juga dengan beberapa arus lalu lintas yang padat kita akan berlakukan ganjil genap,” pungkas Dir Lantas.

Related Articles