Beranda Kegiatan Ditlantas Polda Jateng dan Satlantas Polres Brebes Uji Coba ETLE Drone di Brexit

Ditlantas Polda Jateng dan Satlantas Polres Brebes Uji Coba ETLE Drone di Brexit

oleh Redaksi NTMC

KORLANTASPOLRI – Jajaran Ditlantas Polda Jateng dan Satlantas Polres Brebes, melakukan uji coba penggunaan sistem elektronic traffic law enforcement (ETLE) di jalur Pantura Kota Brebes, tepatnya di pertigaan Brexit, Senin (04/12/23) siang.

Kasi Gar Subdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah, Kompol Indra Hartono mengatakan, bahwa hari ini, pihaknya melaksanakan monitoring dan evaluasi penegakan hukum di sejumlah kota di Jawa Tengah.

Salah satunya di wilayah hukum Polres Brebes, yang digelar di pertigaan Brebes Exit Timur (Brexit), untuk memantau dan melakukan sosialisasi terhadap pelanggar lalu lintas, dengan menggunakan ETLE drone.

“Jadi kita bisa melihat apa yang menjadi kendala dihadapi pihak kepolisian saat bertugas saat menggunakan ETLE mobile drone,” kata Indra Hartono, didampingi Kanit Gakkum Satlantas Polres Brebes Ipda Indra Prasetyo.

Penggunaan ETLE drone, ungkap Indra, sangat efektif memantau pelanggar lalu lintas di jalan raya, seperti pengendara tidak mengenakan helm atau pengemudi mobil tidak menggunakan sabuk pengaman.

“Dari dua menit pemantauan ETLE drone, bisa terlihat ada dua puluh pelanggar lalu lintas yang ditemukan di Brexit,” ungkap Indra Hartono.

Dari sosialisasi penggunaan ETLE drone beberapa bulan di wilayah Polda Jateng, Hartono menegaskan sangat efektif, karena dengan mudah menemukan pelanggar lalu lintas dan tidak perlu berinteraksi langsung, sehingga tidak menganggu aktivitas masyarakat lainnya yang melintas.

“Selain efektif menemukan pelanggar lalin, saat penegakan hukum dilakukan tidak menggangu pengguna jalan yang melintas,” jelas Indra Hartono.

Rencananya, tilang ETLE mobile drone akan mulai dilaunching dan diterapkan Polda Jateng pada Operasi Lilin mendatang, sehingga diharapkan bisa mengurangi pelanggaran lalu lintas da menekan angka kecelakaan di jalan raya pada saat libur hari Natal dan Tahun Baru 2024.

“Kami telah menyiapkan 6 drone dengan pilot-pilot yang terlatih dalam menggunakan drone saat operasi digelar,” pungkasnya.

Related Articles