Beranda Lakalantas Bus Rombongan Wisatawan Pelajar Tabrak Pohon di Gunungkidul

Bus Rombongan Wisatawan Pelajar Tabrak Pohon di Gunungkidul

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Bus rombongan wisata dari SMP Majalengka, Jawa Barat, mengalami kecelakaan tunggal di jalur lintas selatan (JJLS) Gunungkidul, Yogyakarta, Selasa 10 Mei 2022. Bus mengalami hilang kendali setelah melewati tikungan di Kalurahan Planjan, Kapanewon Paliyan, Gunungkidul.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Martinus Griavinto Sakti, mengatakan, kecelakaan tunggal ini bermula saat bus pariwisata bernomor polisi R-1700-AS, yang dikemudikan Kardiman, warga Wonosobo, Jawa Tengah, melaju dari arah Yogyakarta menuju Pantai Drini melalui Jalur Lintas Selatan (JJLS).

“Sampai di lokasi kejadian, di mana jalan menikung menurun, laju bus tiba-tiba hilang kendali, hingga bus melaju lurus dan menabrak tiang listrik serta sejumlah gasebo,” terang AKP Martinus Griavinto Sakti.

Laju bus terhenti setelah menabrak pohon yang ada di samping gazebo. Gazebo-gazebo tersebut ada di pinggir jalan, kata Martinus, karena tempat tersebut merupakan sentra membuat gazebo. “Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal ini. Hanya ada 2 penumpang yang mengalami luka ringan,” katanya.

Martinus menambahkan, karena tiang listrik roboh tertabrak bus, pihaknya mendatangkan petugas PLN untuk memutus arus listrik. Mengingat robohnya tiang listrik melintang ke jalan, sehingga membahayakan pengguna jalan.

Sementara itu, pengemudi bus, Kardiman, mengaku kalu dirinya biasa melewati jalan tersebut saat ada trip wisata ke Gunungkidul. “Jadi medan di sini saya lumayan hapal. Tadi kondisi saya juga segar tidak mengantuk. Maka saya heran kok stir bus tak bisa dikendalikan,” ungkapnya.

Dalam wisata ini, lanjut Kardiman, rombongan SMP Majalengka menggunakan 9 bus pariwisata, dan dirinya ada di rombongan ketiga. “9 bus melaju beriringan dengan kecepatan 50 kilometer per jam, mengingat jalannya berkelok,” lanjut Kardiman.

Kecelakaan ini kini ditangani Unit Laka Satlantas Polres Gunungkidul.

Related Articles