Beranda Headlines Bahas Persiapan Libur Natal Dan Tahun Baru, Kakorlantas Polri Gelar RDP Dengan Komisi V DPR RI

Bahas Persiapan Libur Natal Dan Tahun Baru, Kakorlantas Polri Gelar RDP Dengan Komisi V DPR RI

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi didampingi Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Edy Djunaedi menghadiri rapat dengar pendapat atau RDP dengan Komisi V DPR RI di Gedung DPR RI Kompleks Parlemen Senayan Jakarta Selatan.

Rapat dengar pendapat dipimpin Ketua Komisi V DPR RI Lasarus membahas terkait persiapan infrastruktur dan transportasi terkait libur natal 2022 dan tahun baru 2023.

Turut hadiri Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, BMKG, Basarnas, dan stakeholder terkait.

Dalam paparannya, Irjen Pol Firman Shantyabudi menyampaikan Operasi lilin 2022 akan dilaksanakan selama 11 hari, dimana tanggal 22 Desember 2022 akan dilaksanakan gelar operasi pasukan, dan tanggal 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 akan dimulai operasi lilin.

“Rapat hari ini dan koordinasi yang sedang berjalan juga kita laksanakan terus, sepanjang dampak itu kemudian muncul ada di jalan raya, itulah kami ada di sana”, ungkap Irjen Pol Firman Shantyabudi, Selasa (13/12).

Mengingat animo masyarakat yang sangat tinggi menyambut natal 2022 dan tahun baru 2023, sebanyak 177.212 personel di kerahkan, mulai dari Mabes Polri 730 personel, Polda jajaran 100.017 personel, instansi terkait 76.465 personel, serta mendirikan Pos Pam 1.845 Lokasi, dan Pos Yan 695 lokasi.

“Ada 27.000 objek, yakni terminal, tempat ibadah, lokasi wisata, jalan tol, non tol itu semua menjadi titik-titik yang akan kita fokuskan pengamanan, baik nanti satgas pusat dari Mabes Polri, maupun satgas satgas daerah oleh para Kapolda di lapangan,” ujar Kakorlantas.

Mendukung keberhasilan pelaksanaan Operasi Lilin 2022, dibutuhkan kolaborasi sinergi terhadap seluruh stakeholder, untuk menciptakan aman, selamat, tertib, lancar dan sehat. Serta kerjasama dengan masyarakat dalam tertib berlalu lintas.

“Bahwa operasi apapun yang dilaksanakan oleh pemerintah titik keberhasilannya ada pada kerjasama pemerintah dan masyarakat itu sendiri, masyarakat yang sadar akan kesehatan, ketertiban di jalan itu menentukan titik keberhasilan operasi itu sendiri,”pungkasnya.

Sebelumnya Kakorlantas Polri bersama jajaran juga sudah melakukan peninjauan di jalan tol ataupun jalan arteri, lokasi wisata, di beberapa wilayah, untuk memastikan kesiapan operasi lilin 2022.

Related Articles