Beranda Artikel Kapolri Cek Penambahan Dermaga di Pelabuhan Gilimanuk Bali Untuk Antisipasi Antrean

Kapolri Cek Penambahan Dermaga di Pelabuhan Gilimanuk Bali Untuk Antisipasi Antrean

oleh admin

KORLANTAS POLRI, Bali – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto meninjau kesiapan mudik lebaran 2024 di pelabuhan Gilimanuk, Bali, Kamis (4/4/2024). Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menjelaskan bahwa Pelabuhan Gilimanuk telah dilakukan perbaikan, salah satunya buffer zone yang disiapkan untuk mencegah padatnya antrean sebelum penyeberangan.

“Penambahan dermaga kemudian pendalaman terhadap beberapa wilayah yang dangkal sehingga kapal-kapal besar bisa merapat dan kemudian penambahan buffer zone untuk mengantisipasi antrian yang kemungkinan diduga akan lebih panjang dari pada tahun kemarin,” ungkap Kapolri.

Selain itu, Kapolri mengatakan terkait pembelian tiket dengan penerapan Geofencing ini nantinya dapat meminimalisir penjualan tiket secara liar.

“Pengaturan Geofencing terkait dengan sistem penjualan tiket saya kira ini juga akan menjadi hal yang bagus sehingga masyarakat bisa terbebas dari potensi penjualan tiket secara liar,” jelasnya.

Kapolri cek Kesiapan. Pemudik di Pelabuhan Gilimanuk Bali

Lebih lanjut, ia meminta sosialisasi untuk pembelian tiket terus dilakukan pada masyarakat agar dapat mempersiapkan diri ketika menggunakan Pelabuhan Gilimanuk dan Ketapang.

“Dalam kesempatan ini kami mohon untuk bisa dibantu disosialisasikan dari ASDP terkait hal-hal lain yang penting penjualan tiket yang perlu diinformasikan sehingga masyarakat yang akan mengantri juga lebih paham,” katanya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem di wilayah Bali.

“Koordinasi dengan BMKG berkaitan dengan cuaca ekstrem karena di Selat Bali ini termasuk yang rawan dengan cuaca ekstrem tersebut,”dan oleh karenanya Mari kita bantu dan rekan-rekan media memberikan informasi tentang apabila ada cuaca ekstrem,” jelas Budi Karya.

Dalam peninjauannya, Kapolri juga melakukan pengecekan sekaligus menyapa pemudik di Pelabuhan Gilimanuk.

Terakhir, Kapolri menyerahkan bingkisan secara simbolis kepada petugas Pospam Terpadu dan juga para pemudik.

Related Articles