Beranda Nasional Tingkatkan Kesadaran Lalu Lintas Masyarakat, Satlantas Polres Gunungkidul Siap Terapkan ETLE

Tingkatkan Kesadaran Lalu Lintas Masyarakat, Satlantas Polres Gunungkidul Siap Terapkan ETLE

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Satlantas Polres Gunungkidul akan menerapkan tilang secara elektronik (e-tilang). Saat ini kamera CCTV sudah terpasang di beberapa alat pemberi isyarat lalu lintas (Apill) yang ada di jalan utama.

“Ada dua e-tilang yang kami siapkan, yakni dengan kama CCTV dan juga berbasis android,” kata Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP Martinus.

Saat ini Satlantas terus melakukan sosialisasi dengan penerapan e-tilang ini di sekolah atau tempat-tempat fasilitas publik. Untuk pelaksanaannya akan lebih dulu dengan e-tilang in hand. Dimana setiap android anggota akan dipakai untuk merekam setiap pelanggaran yang ada. Misalnya ketika ada pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan helm akan difoto dengan android anggota.

Handphone ini akan terkoneksi dengan aplikasi berbasis android. Dari foto ini, sistem akan melakukan pelacakan dan diketahui data kendaraan dan pemiliknya. Nantinya surat tilang akan dikirim lewat pos dan pemiliknya diminta klarifikasi ke polres.

Sedangkan untuk e-tilang dengan kamera CCTV di ruas jalan, belum akan diterapkan.

Beberapa kamera CCTV telah terpasang di sejumlah perempatan ataupun pertigaan jalur utama. Kendati demikian, semua CCTV tersebut belum berfungsi untuk mendukung penerapan e tilang. Karena baru digunakan untuk pemantauan arus lalu lintas.

Related Articles