Beranda Kegiatan Kunjungan Siswa Pusdiklantas Lemdiklat Polri di NTMC Korlantas Polri, Belajar Membuat Konten

Kunjungan Siswa Pusdiklantas Lemdiklat Polri di NTMC Korlantas Polri, Belajar Membuat Konten

oleh Redaksi NTMC

KORLANTAS POLRI – Jakarta, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menerima kunjungan siswa praktik belajar Pusdiklantas Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri di Lantai II Gedung NTMC, Jakarta, Selasa (23/1/2023). Head Redaksi NTMC Heri Setianto menjadi pembicara dalam kunjungan tersebut

Dalam kunjungan ini, para siswa berkesempatan untuk belajar lebih banyak mengenai teknik peliputan berita yang selama ini dilaporkan oleh presenter dari polwan dan polki Korlantas Polri. Sejumlah teknik dasar membuat materi liputan visual seperti pengambilan gambar, naskah dan publik speaking diberikan singkat dalam kunjungan praktek tersebut.

Brigadir Rian dan Briptu Chici menyambut baik kehadiran para peserta dengan berbagi menceritakan pengalaman melakukan siaran distasiun tv dan di media sosial saat  mereka bertugas melaporkan situasi lalu lintas di berbagai macam situasi.

“Yang pertama perlu kita lakukan sebagai presenter polisi adalah kita harus mempersiapkan diri secara mental untuk bisa berbicara di depan kamera yang sekaligus sebagai mata masyarakat melihat laporan kita. Awalnya memang terasa grogi dan beban namun lama kelamaan akan terbiasa seiring waktu berjalan,” pungkas Brigadir Rian saat menceritakan pengalamannya di depan para siswa Pusdiklantas Polri.

Dalam waktu kunjungan yang singkat tersebut sebanyak 25 yang berasal dari polda-polda se indonesia diberikan kesempatan untu melakukan praktek meulis naskah, pengambilan  gambar serta melakukan laporan singkat situasi jalan dengan direkam langsung untuk keperluan mereka melakukan laporan lalu lintas di kepolisian wilayah masing-masing.

Para siswa peserta didik Diklantas Polri terlihat antusias dan merasakan manfaat kunjungan belajar ke NTMC Korlantas Polri dengan menerapkan ilmu komunikasi dan publik speaking . Sejumlah siswa diminta untuk latihan membacakan berita di depan kamera, sekaligus menata kata demi kata dan menampilkan ekspresi wajah tegas agar berita yang dibacakan dapat diterima ke audiens dan penonton mereka

Sesi terakhir kunjungan siswa Pusdiklat Korlantas Polri, diberikan kesempatan untuk melihat dan mencoba langsung proses siaran dari studio tempat biasa dimana presenter membacakan berita secara live untuk tv-tv nasional. Kemudian acara ditutup dengan foto bersama.

Related Articles