Beranda Lalu Lintas Gelaran MotoGP Dimulai, Personel Gabungan Tingkatkan Pengamanan

Gelaran MotoGP Dimulai, Personel Gabungan Tingkatkan Pengamanan

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Perhelatan MotoGP Mandalika 2022 akan berlangsung hari ini, Jumat (18/3/2022). Keamanan di sekitar Sirkuit Mandalika makin diperketat. Aparat gabungan TNI dan Polisi turut mengamankan kawasan Sirkuit Mandalika.

Sebagaimana diketahui, rangkaian MotoGP Mandalika 2022 resmi dimulai hari ini. Menurut jadwal, para pembalap akan melakukan latihan bebas. Semua kelas turut menjajalan Sirkuit Mandalika.

Kelas Moto3 mengawali latihan bebas pertama sejak pukul 08.00 WIB tadi. Kemudian, kelas Moto2 menyusul di jam 08.55-09.35 WIB. Sesi latihan bebas pertama ditutup oleh kelas MotoGP pada 09.50-10.35 WIB. Nantinya,latihan bebas kedua akan berlanjut pada siang hari. Kelas Moto3 terlebih dulu diberi kesempatan latihan bebas, yaitu pada pukul 12.15-12.55 WIB.

Kemudian, dari kelas Moto2, memulai latihan bebas pada pukul 13.10-13.50 WIB. Latihan bebas kedua hari ini diakhiri dari kelas MotoGP, yakni pada jam 14.05-14.50 WIB.

Sebab demikian, keamanan sepanjang jalan menuju Sirkuit Mandalika makin diperketat. Hal ini jauh berbeda jika dibandingkan dengan hari sebelumnya, yang sangat longgar.

Kini, pihak keamanan terlihat sepanjang perjalanan dari Kota Mataram menuju Sirkuit Mandalika. Tak kurang dari ratusan aparat gabungan Polisi dan TNI ikut mengamankan. Tidak hanya itu, pihak kepolisian juga memberlakukan sistem penyekatan, hingga tiga lapis. Dengan begitu. Tidak sembarangan orang dapat dengan bebas keluar masuk lintasan.

Sebelumnya, Kepolisian Daerah NTB pun menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Mandalika II Rinjani 2022 pengamanan MotoGP Mandalika Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Untuk menyukseskan ajang balapan tersebut, Polda NTB telah menentukan dua pengamanan yang akan dilakukan selama ajang balap tersebut berlangsung. Pertama, pengamanan di sekitar Sirkuit Mandalika yang meliputi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Berikutnya, luar Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, baik laut maupun darat, semua pintu masuk juga menjadi prioritas pengamanannya.

“Pengamanan ada dua, yakni di kawasan Sirkuit Mandalika dan luar kawasan seperti lima pintu masuk penonton,” kata Kapolda NTB Irjen Djoko Poerwanto seusai apel gelar pasukan, melalui keterangannya.

Selain itu, Polda NTB telah menentukan 47 titik pengamanan selama event berlangsung. Namun yang akan menjadi perhatian utama, dan untuk dicermati yakni di tempat parkir penonton, baik di barat maupun timur.

Kedua tempat parkir itu diprediksi akan terjadi penumpukan. Sebab, akan ada aktivitas penukaran gelang yang dapat mengakibatkan antrian panjang. Djoko mengatakan walau travel bubble tidak diterapkan saat MotoGP Mandalika, namun protokol kesehatan akan menjadi prioritas untuk mencegah penyebaran COVID-19.

“Tidak adanya travel bubble saat MotoGP, kewaspadaan akan tetap dijalankan, terutama masalah pengamanan, nantinya kita ada tim gabungan dan akan kita siapkan sampling random di titik kumpul orang, jika ada yang terpapar kita sudah siapkan alternatif kontinjensi untuk penanganannya,” pungkasnya

Related Articles