Beranda Lalu Lintas Gelar Razia, Satlantas Polres Sorong Selatan Mengedepankan Edukasi dan Teguran

Gelar Razia, Satlantas Polres Sorong Selatan Mengedepankan Edukasi dan Teguran

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Polres Sorong Selatan, melalui satuan lulu lintas, terus melakukan penertiban kendaraan bermotor. Hal itu diungkapkan Kasat Lantas Sorong selatan, Iptu Jan Sudarto Payung, usai melakukan diskusi ringan bersama wartawan di ruang kerjanya .

Ia mengungkapkan Ibu Kota Sorong Selatan, merupakan kota kecil. Namun di lihat dari jumlah kendaraan yang beroperasi di wilayah ini terbilang cukup tinggi. Pasalnya wilayah Sorong Selatan menjadi salah satu jalur yang menghubungkan Kota Sorong, dan Maybrat.

“Kabupaten Sorong Selatan merupakan kota kecil, namun dilihat dari kendaraan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Sorong Selatan terbilang cukup banyak kendaraan. Karena wilayah ini menjadi akses menuju wilayah Kota Sorong. Dengan hal tersebut langkah pertama yang kami ambil di antaranya melakukan penertiban melalui swiping yang sifatnya, melakukan peneguran kepada masyarakat sekaligus memberikan edukas,” ujar Kasat Lantas Polres Sorong Selatan, Iptu Jan Sudarto Payung.

Kasat Lantas Sorong selatan, Iptu Jan Sudarto Payung, sebut pihaknya akan kedepankan prinsip edukasi dan teguran

Ia mengatakan, suatu wilayah terlihat tertib jika masyarakat tertip hukum. Yang diawali dari kesadaran berlalulintas, di antaranya mengunakan helm saat mengendarai motor. Sehingga jika Kabupaten Sorong Selatan masyarakat menggunakan helem maka kesadaran masyarakat cukup tinggi.

“Walaupun kita berada di kota kecil, tetapi kita memulai sesuatu hal, dari hal hal yang kecil. Kita harus membenahi dulu hal hal yang kecil sehingga bisa berkembang dan bertambah banyak. Dengan itu kami dari pihak kepolisian mengharapkan agar pihak masyarakat bekerja sama menjaga ketertiban lalu lintas secara bersama sama. Dimulai dari kelengkapan pribadi, minimal setiap pengendara bermotor wajib memiliki SIM, dan juga untuk ojek yang beroperasi di Kabupaten Sorong Selatan harus memiliki dua helem untuk menjaga keselamatan penumpangnya,” jelasnya.

Khusus untuk pengendara roda empat wajib memiliki SIM. Selain itu juga terkait dengan kelengkapan kendaraan, di antaranya kaca spion, nomor plat kendaraan. Banyak permasalahan yang ditemukan di lapangan, di antaranya nomor plat kendaraan belum terpasang secara baik pada kendaran sepeda motor.

Related Articles