Beranda Lalu Lintas Satlantas Polrestabes Bandung Siap Jalankan Instruksi Kapolri Terkait Penindakan Tanpa Tilang Manual

Satlantas Polrestabes Bandung Siap Jalankan Instruksi Kapolri Terkait Penindakan Tanpa Tilang Manual

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Sesuai instruksi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Satlantas Polrestabes Bandung mengedepankan edukasi dan imbauan terlebih dahulu saat menindak pelanggar lalu lintas.

Seperti diketahui baru-baru ini, pimpinan utama kepolisian Indonesia dengan kode Tri Brata 1 itu mengeluarkan surat telegram Nomor: ST/2264/X/HUM.3.4.5./2022, per tanggal 18 Oktober 2022.

Adapun isi surat telegram tersebut menginstruksikan penindakan yang seharusnya dilakukan oleh korps lalu lintas Polri pada pelanggar lalu lintas, tidak lagi menggunakan tindak tilang manual.

Sebagai gantinya, penindakan mengandalkan Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE) yang tersedia dua jenis, statis dan mobile.

Di Kota Bandung, baru ada ETLE statis menggunakan kamera pemantau yang berada di titik-titik tertentu.

Sedangkan ETLE mobile, berupa kamera yang dibawa petugas seperti ponsel atau di kendaraan patroli, belum diterapkan.

“Memang seperti itu, anggota tidak ada penindakan di lapangan, jadi yang dikedepankan itu tilang ETLE,” ujar Kepala Bagian Operasional Satlantas Polrestabes Bandung Ajun Komisaris Deden Juandi, saat dihubungi Selasa 25 Oktober 2022.

Menurut Deden jika ada pelanggaran lalu lintas kata dia anggota di lapangan bakal mengedepankan edukasi terlebih dahulu.

“Termasuk di dalamnya juga imbauan untuk tidak lagi berbuat pelanggaran,” katanya.

Maksudnya kata Deden apabila pelanggar misalnya tidak membawa helm maka pelanggar disuruh pulang terlebih dahulu ke rumahnya.

“Jadi kita akan mendekati pelanggar untuk memberikan penjelasan pelanggaran yang dibuatnya dan penyelesaiannya. Misalnya pulang dulu membawa helm,” katanya.

Oleh karena itu Deden berharap dengan penindakan secara humanis ini maka justru bisa meningkatkan kedisiplinan dari pengendara kendaraan bermotor di lapangan.

“Mudah-mudahan program Kapolri ini berjalan lancar,” katanya.

Related Articles