Beranda Nasional Kini Ujian Teori Bagi Pemohon SIM di Surabaya Bisa Menggunakan Aplikasi E-Avis

Kini Ujian Teori Bagi Pemohon SIM di Surabaya Bisa Menggunakan Aplikasi E-Avis

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Inovasi dilakukan oleh Satlantas Polrestabes Surabaya. Kehadiran Elektronik Audio Visual Integrated System (E-AVIS) kini menjadi pembaharu di wajah satuan lalu lintas itu.

E-AVIS merupakan aplikasi animasi ujian teori bagi pemohon surat izin mengemudi (SIM) secara online. Manfaatnya dapat dirasakan pemohon SIM untuk lebih mudah mencerna soal ujian teori. Hal ini lantaran adanya animasi yang real sesuai di lapangan saat berkendara.

“Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat pemohon SIM, dan merupakan hasil pemuktahiran dari ujian SIM tahun lalu,” ujar Kasubdit SIM Dit Regident Korlantas Polri, Kombes pol Tri Julianto Djati Utomo saat mengunjungi Satpas Colombo Polrestabes Surabaya.

Julianto menilai aplikasi tersebut dapat lebih mudah diterima oleh masyarakat karena lebih mobile dan lebih mudah dimengerti.

Julianto mengungkapkan, uji coba E-AVIS sudah di uji voba di 4 satpas, antara lain di Polrestabes Bandung, Polrestabes Semarang, Polrestabes Surabaya, dan Daan Mogot, Polda Metro Jaya.

“Ini juga termasuk dari salah satu program utama Kapolri,” katanya.

Julianto menambahkan, hasil dari uji coba E-AVIS di 4 satpas, dinilai sukses dan tidak ada kendala. Masyarakat bervariasi ada yang lulus dan tidak. Kemungkinan yang tidak lulus karena kurang konsentrasi saat mengerjakan soal dan kali pertama mengenal ujian teori SIM.

“Saya nilai pemohon SIM yang tidak lulus ujian teori baru mengimplekasikan di lapangan saat mengendarai motor, jadi wajar tidak lulus ujian. Tapi bererapa pemohon SIM yang sudah pernah melakukan dan pernah mengendarai motor dengan mudah paham dalam uji teori SIM E-NAVIS. Dan soal ini memang realita di lapangan,” ungkap Julianto.

Soal ujian teori SIM tegnologi E-AVIS ini terintegrasi dengan server pusat. Pihaknya sudah menguji ujian teori SIM. Mulai dari soal ujian dilakukan secara acak dan berubah setiap harinya. Ada 30 soal animasi sesuai dengan golongam SIM. Hingga saat ini satpas sudah memiliki 600 soal.

Related Articles