Beranda Lalu Lintas Jelang Idul Adha, Satlantas Polres Siantar Gelar Pemeriksaan Kendaraan Ternak

Jelang Idul Adha, Satlantas Polres Siantar Gelar Pemeriksaan Kendaraan Ternak

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Satlantas Polres Siantar melakukan pemeriksaan kepada setiap kendaraan pengangkut hewan ternak yang akan masuk ke Kota Siantar.

“Ini kita lakukan dalam pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK),” kata Kasatlantas Polres Siantar AKP Relina Lumban Gaol, Kamis (7/7/2022).

Ia mengatakan pemeriksaan ini dilakukan di kawasan perbatasan Jalan Parapat Simpang Dua. “Kita juga memantau keluar masuknya hewan ternak guna untuk mengantisipasi PMK,” ujarnya.

Ia mengaku saat ini wabah PMK menjadi perhatian pemerintah sehingga pihaknya memperketat pengawasan kendaraan yang membawa hewan dari luar Kota Pematangsiantar. “Khususnya truk dan mobil pikup yang hendak masuk ke Kota Siantar,” akunya.

Ia mengatakan jika ada ditemukan kendaraan yang membawa hewan ternak dalam kondisi sakit, pihaknya dapat berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan penanganan.

“Dengan kegiatan ini, kami berharap bisa mencegah terjadinya penularan Penyakit Mulut dan Kuku yang bisa dimulai dari jalur pintu masuk Kota Pematangsiantar,” ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan terhadap kendaraan roda 4 pikup dan roda 6 cold diesel yang membawa ternak babi dan kambing tidak ada ditemukan adanya hewan ternak terjangkit PMK semuanya dalam keadaan sehat.

Related Articles