Beranda News Ini Program Inovasi “Simbah Mantap” Polres Trenggalek

Ini Program Inovasi “Simbah Mantap” Polres Trenggalek

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Satlantas Polres Trenggalek memberikan hadiah kepada masyarakat khususnya bagi para pemohon SIM. Pemberian hadiah, merupakan salah satu bagian dari inovasi baru yang diluncurkan dengan nama ‘Simbah Mantap’ atau ‘bikin SIM mudah dan Berhadiah’. Seremoni yang dikemas sederhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat tersebut merupakan periode pertama bagi pemohon SIM, baik baru maupun perpanjangan dari bulan Januari hingga Maret 2021.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, didampingi Kasatlantas AKP Imam Mustolih secara langsung melakukan pengundian pemenang dengan disaksikan pula para pejabat utama (pju) dan masyarakat pemohon Sim yang kebetulan hadir di ruang Satpas ( Satuan Penyelenggara Administrasi SIM).

Adapun masyarakat yang beruntung mendapatkan hadiah antara lain, Pemenang hadiah pertama berupa TV LED 43″ adalah Asmuri dengan alamat Kecamatan Panggul, pemenang kedua berupa lemari es, Joko Ruswanto warga Kecamatan Trenggalek,
pemenang ketiga berupa dispenser, Dahroji dari Kecamatan Suruh, hadiah keempat yakni kompor gas, Lilis Dwi Astuti asal Kecamatan Pule dan pemenang hadiah kelima berupa kipas angin yaitu Tumadi yang ber-KTP Kecamatan Munjungan.

Dan dipastikan bagi para pemenang, tak perlu khawatir dalam mengambil hadiah. Cukup tunggu dirumah karena petugas yang akan mengantar langsung hadiah tersebut sesuai dengan alamat yang tertera.

“Tadi juga langsung kita hubungi dan merasa senang atas inovasi Polres Trenggalek ini. Seluruh proses pengundian juga disiarkan secara live streaming melalui chanel youtube dan media sosial lainnya,” sebut Kapolres usai seremoni acara, Rabu (30/3/2021) pagi.

Menurutnya, program ‘Simbah Mantap’ merupakan implementasi dari Polri Presisi yang telah dicanangkan oleh Kapolri sekaligus sebagai wujud apresiasi kepada masyarakat atas kepercayaan yang diberikan kepada Kepolisian khususnya dalam pelayanan penerbitan Sim serta sebagai upaya peningkatan mutu pelayanan prima.

“Dengan kegiatan ini kita ingin mengajarkan masyarakat untuk tertib dan disiplin dengan mengikuti tahapan demi tahapan proses pembuatan SIM. Selain itu, kita hilangkan image bahwa mengurus SIM itu susah. Padahal jika mengikuti tahapan demi tahapan pasti bisa lulus dan bahkan berhak mengikuti undian berhadiah,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut perwira menengah putra Batak ini, diharapkan dengan adanya Simbah Mantap maka tingkat disiplin masyarakat dalam tertib berlalu lintas semakin meningkat selaras dengan menurunnya angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Trenggalek.

“Program Simbah Mantap akan dilaksanakan secara berkelanjutan. Undian periode kedua dilakukan bulan Juni 2021 mendatang,” jelas AKBP Doni Satria Sembiring.

Sebagai informasi, demi meningkatkan kualitas pelayanan publik, Polres Trenggalek menggelar program unggulan Simbah Mantap. Prosesi launching telah dilaksanakan bulan Januari 2021 silam dan telah teregistrasi Dinas Sosial Kabupaten Trenggalek nomor 406/03/05.014/2021.

Peserta undian adalah masyarakat pemohon yang telah dinyatakan lulus dan memperoleh Sim. Pemohon kemudian akan diminta mengisi indeks kepuasan masyarakat (IKM) yang berbasis barcode dan mendapatkan satu kupon berhadiah.

Pemenang diundi secara virtual setiap tiga bulan sekali dan bagi yang beruntung akan diumumkan melalui aplikasi Trenggalek mantap maupun akun media sosial resmi Satlantas dan Polres Trenggalek. Sedangkan bagi pemilik kupon yang telah diundi tidak bisa ikut dalam undian berikutnya.

Related Articles