Beranda Kegiatan Cegah Lakalantas, Satlantas Polres Belu Gelar FGD KLL Bersama Stakeholder

Cegah Lakalantas, Satlantas Polres Belu Gelar FGD KLL Bersama Stakeholder

oleh Redaksi NTMC

KORLANTASPOLRI – Sebagai upaya konkret dalam pencegahan kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Belu, Satlantas Polres Belu bersama PT Jasa Raharja Wilayah Belu menggelar Forum Grup Diskusi Forum Kecelakaan Lalu Lintas (FGD FKLL) di aula Polres Belu, Kamis 16 November 2023.

Selain itu, hadir juga empat instansi terkait yang memiliki peran strategis dalam meningkatkan keselamatan lalu lintas seperti Dinas Kesehatan Belu, BP4D Belu, Dinas PUPR Bina Marga Belu, dan Dinas Lingkungan Hidup & Perhubungan Belu.

Kasatlantas Polres Belu IPTU Marthen Luther Petterson, SH, menyampaikan pencegahan kecelakaan lalu lintas adalah tanggung jawab bersama seluruh warga Kabupaten Belu, bukan hanya tugas Polres Belu.

“Keenam pilar ini memiliki peran penting dibidangnya masing-masing, seperti regulasi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan oleh BP4D, pemeliharaan jalan lalu lintas oleh Dinas PUPR Bina Marga, uji kendaraan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan, penyediaan ambulance dan fasilitas kesehatan oleh Dinas Kesehatan,” jelasnya.

“Penindakan hukum dan kampanye keselamatan dilakukan oleh Polres Belu dan sosialisasi keselamatan lalu lintas dan kewajiban pembayaran pajak kendaraan bermotor & SWDKLLJ juga dilakukan oleh PT Jasa Raharja,” tambahnya.

Sementara Saverius P. da Santo, ST, sebagai perwakilan Pj PT. Jasa Raharja Kabupaten Belu, menyampaikan bahwa Jasa Raharja terus berupaya memberikan perlindungan dasar terhadap risiko kecelakaan lalu lintas dengan pelayanan terbaik.

“Kami tetap menjaga komitmen ini dan juga mengajak masyarakat untuk melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) sebelum jatuh tempo,” tuturnya.

Menurutnya, dari hasil diskusi ini menunjukkan komitmen bersama keenam FKLL untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas dan mengurangi tingkat fatalitas korban kecelakaan di Kabupaten Belu.

Related Articles