Beranda Lakalantas Truk Tangki Pertamina Terperosok ke Saluran Air di Pacitan

Truk Tangki Pertamina Terperosok ke Saluran Air di Pacitan

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Sebuah truk tangki Pertamina yang sedang akan melakukan distribusi pengisian bahan bakar minyak (BBM) di sebuah SPBU Mentoro Jalan Maghribi Dusun Krajan Desa Purworejo Kecamatan Pacitan Kota, tiba-tiba mundur hingga terperosok masuk sungai, Kamis pagi 8 September 2022.

Meski tidak ada korban jiwa, namun akibat kejadian tersebut kendaraan truk tangki Pertamina R14UD TRUCKS Tipe GKE 280 4X2T dengan nomor polisi N9998UH mengalami kerusakan bodi bagian belakang sebelah bawah.

Pengemudi truk, Muchammad Nuraina Prastawa (38) warga Klaten Jawa Tengah menjelaskan, saat itu dirinya tengah antre dan memarkirkan kendaraannya yang dalam kondisi mati mesin untuk pergi makan yang tidak jauh dari lokasi.

Tiba-tiba saja truk berjalan mundur sendiri hingga badan tangki masuk ke sungai sedalam 4 meter yang berada tepat di depan SPBU.

“Saat sedang makan, eh taunya itu truk tiba-tiba aja mundur. Enggak tahu kenapa. Padahal juga kedua sisi roda terganjal,” terangnya.

Dari hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan keterangan dari sejumlah saksi mati serta pengemudi, Aiptu Jani Agus, Kanit Gakkum Polres Pacitan mengungkapkan kronologi kecelakaan tunggal tersebut.

Truk tangki yang memuat 24.000 liter BBM jenis Pertalite itu semula terparkir di SPBU Mentoro dan hendak menurunkan DO BBM di SPBU tersebut. Pengemudi kendaraan yang sedang menunggu Truk Tangki lain menurunkan DO BBM meninggalkan kendaraan untuk makan di warung dekat lokasi.

“Sekitar 15 Menit kemudian tiba-tiba truk tangki yang terparkir tadi mundur hingga terperosok masuk sungai sedalam 3 meter yang berada di depan SPBU,” jelas Aiptu Jani Agus.

Agar tidak terjadi kemacetan, petugas Satlantas mengatur arus lalu lintas jalur Pacitan-Tulakan. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini, namin kerugian material ditaksir mencapai Rp50 juta.

Related Articles