Beranda Headlines Polwan Bisa Jabat Kapolda, Kapolri: Kepolisian Membuka Peluang Bagi Polwan untuk Menduduki Jabatan Strategis

Polwan Bisa Jabat Kapolda, Kapolri: Kepolisian Membuka Peluang Bagi Polwan untuk Menduduki Jabatan Strategis

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Komisi III DPR RI merespons positif langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, membuka peluang bagi para polisi wanita (polwan) untuk menduduki jabatan strategis seperti Kapolda sampai pejabat utama Mabes Polri.

Langkah kapolri tersebut dinilai sangat revolusioner dan sangat penting demi memunculkan perspektif gender yang berkeadilan di tubuh kepolisian.

“Langkah Kapolri sangat revolusioner dalam mengubah stigma Polri yang dinilai kental akan budaya patriarki. Selain itu, banyaknya perempuan di jajaran pejabat polisi juga akan memberikan perspektif gender yang sangat penting bagi kepolisian dalam memberikan pelayanan pada masyarakat,” kata Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni kepada wartawan, Jumat (9/9/2022).

Legislator asal Tanjung Priok itu berharap, langkah terobosan yang dilakukan oleh Kapolri diikuti oleh institusi atau lembaga lainnya.

“Saya berharap langkah untuk mengupayakan kesetaraan gender seperti ini dapat diikuti oleh insitusi dan lembaga yang lainnya. Biarkan semua perempuan hebat di Indonsia dapat menunjukan skill dan kemampuannya tanpa harus dikekang oleh stigma apapun,” tandasnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo baru saja menyatakan bahwa kepolisian membuka peluang bagi para polisi wanita (polwan) untuk menduduki jabatan strategis seperti Kapolda sampai pejabat utama Mabes Polri.

Peran Polwan untuk mengisi jabatan tinggi Polri itu dikatakan Sigit ketika menyinggung terkait kemajuan personel polwan setiap tahunnya.

Sigit mengatakan, saat ini terdapat 250 personel Polwan yang menjabat di posisi strategis di tahun 2021. Angka itu naik sebesar 23 persen menjadi 308 personel di tahun 2022.

Related Articles